Industri Batik di Batang

0 177

Industri Batik di Batang

Potensi pemasaran Batik Batang masih menjanjikan karena adanya keberpihakan pemerintah pada penggalian, pelestarian budaya daerah, dan budaya nasional semakin menguat, salah satu indikasinya adanya kebijakan pemakaian seragam batik di lingkungan pendidikan dan instansi pemerintah. Kualitas batik produksi Kabupaten Batang tidak kalah dibandingkan dengan Batik Solo, Pekalongan, Yogyakarta, dan Lasem. Sehingga mampu bersaing di pasar lokal, nasional, dan mancanegara.

Industri batik yang ada di Kabupaten Batang kini sudah mencapai 56 unit usaha yang terdiri atas 41 unit usaha batik tulis dan 15 unit usaha batik cap. Industri batik di Batang mampu menyerap 140 tenaga kerja (naker). Proses pembuatan batik di Kabupaten Batang sebagian besar masih dilakukan dengan cara tradisional sehingga memiliki nilai khas, artistik, dan segmen tersendiri di pasar nasional maupun mancanegara. Industri batik Kabupaten Batang saat ini sudah terkenal di tingkat nasional dan mancanegara sehingga menjadi produk unggulan di Kabupaten Batang. Karena itu, pengusaha diminta selalu meningkatkan kualitas, mode, dan tren.

Para pelaku usaha batik di Kabupaten Batang yang mayoritas masih dikerjakan secara tradisional meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang mengucurkan bantuan agar usaha mereka bisa lebih berkembang. Kepedulian Pemerintah Kabupaten Batang terhadap industri batik Batang memang sudah ada. Namun baru sebatas mengunjungi sentra industri batik belaka. Memang mereka sering berkunjung ke industri batik, namun baru sebatas kunjungan saja. Bantuan riil berupa kucuran modal yang ditunggu-tunggu para perajin batik hingga kini belum pernah terwujud. Selain bantuan modal, mereka berharap Pemerintah Kabupaten Batang memberikan pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM), pemasaran, dan promosi karena tanpa ada bantuan dari Pemkab Batang, pemasaran batik di Kabupaten Batang tak bisa meningkat pesat.

Source Industri Batik di Batang Batik
Comments
Loading...