Industri Batik Blora

0 222

Industri Batik Blora

Dalam waktu satu tahun karya seni para seniman batik yang ada di Kabupaten Blora telah dapat menembus pasar mancanegara. Hal ini diungkapkan oleh seorang pengusaha batik di kabupaten Blora yaitu Hj. Hurip Indiani. Beliau mengungkapkan bahwa awal mula dari kain batik khas Blora ini sampai  ke luar negeri adalah melalui beberapa warna negara Indonesia yang berada di luar negeri dan ketika mereka pulang ke Indonesia, banyak yang kemudian membeli Batik Blora dan tanggapan dari masyarakat luar negeri sangat baik sehingga terjalin hubungan jual beli semenjak saat itu.

Hingga saat ini penjualan batik dan juga berbagai produk batik ke luar negeri untuk setiap bulannya bisa mencapai sekitar seratus potong kain batik yang berasal dari berbagai macam jenis dan juga harga. Sementara untuk pasar nasional, seniman batik di kota Blora ini juga telah mendapatkan pesanan yang cukup banyak setiap minggu nya. Pesanan batik khas Blora ini datang dari daerah Malang, Surabaya dan berbagai kota lainnya di pulau Jawa. Dukungan pemerintah sangat diharapkan oleh para seniman batik dan juga pengusaha baju batik di daerah Blora ini, apalagi dengan datangnya pasar terbuka sebentar lagi.

Pengusaha batik di daerah Blora mengharapkan dukungan dari pemerintah untuk membuat hak cipta yang melindungi motif batik khas kabupaten Blora ini, padahal saat ini batik telah menjadi produk yang banyak dibuat di daerah ini dengan berbagai macam motif batik khas mereka. Saat ini di galeri batik yang dimiliki oleh ibu Anik ini telah memiliki lebih dari dua puluh jenis motif batik dan juga baju batik dengan pola yang khas daerah Blora. Setiap motif batik ini memiliki beberapa variasi yang dapat menjadi pilihan bagi para konsumen batik yang datang ke galeri miliknya. Di tempat ini juga para pecinta batik dapat memilih berbagai jenis kain batik yang dibuat dengan dua teknik yang dikenal dengan teknik batik tulis dan juga teknik batik cap. Pilihan batik yang sangat banyak ini lah yang membuat galeri batik yang dimilikinya mendapatkan kunjungan yang sangat banyak dari penduduk dan juga para pejabat penting yang berkunjung ke daerah Blora ini.

Source Industri Batik Blora Batik
Comments
Loading...