Industri Batik Bali

0 18

Industri Batik Bali

Seni batik yang berkembang di daerah Bali dapat disebut sebagai masih sangat baru namun saat ini telah muncul puluhan industri batik yang ada di pulau dewata ini. Motif batik yang mereka buat pada umumnya menggunakan bentuk yang sangat khas dengan budaya masyarakat Bali dan juga ada yang menggabungkan antara motif bali asli dengan motif batik yang berasal dari luar daerah seperti motif batik bali di gabungkan dengan motif batik Pekalongan dan lain sebagainya.

Seniman batik Bali sendiri merupakan seniman yang sangat kreatif dan memiliki jiwa seni yang sangat tinggi, sehingga dalam waktu singkat berbagai macam motif batik khas Bali yang sangat indah telah banyak kita jumpai saat ini. Motif batik bali ini memiliki banyak sekali macam pola dan juga motif baju batik. Desain batik Bali ini banyak yang merupakan paduan antara motif batik yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga banyak motif yang mendapatkan pengaruh dari Cina.

Dalam membuat motif batik, para seniman batik di pulau dewata ini sering menggunakan motif batik yang mengambil ragam hias dari bali seperti bentuk naga, rusa, kemudian burung bangau dan juga bentuk kura-kura. Motif baju batik ini kemudian digabungkan dengan motif batik yang berasal dari daerah luar pulau Bali. Ragam hias batik yang biasa dipakai sebagai pelengkap adalah motif batik yang berbentuk tumbuhan.

Keindahan motif batik Bali ini selain dipakai oleh para masyarakat Bali untuk menghadiri berbagai acara adat mereka juga telah menarik minat banyak turis asing yang setiap harinya memenuhi Bali dan sekitarnya. Daya taris dari seni batik terhadap para turis asing ini juga membuat industri pembuatan batik di wilayah Bali ini memiliki perkembangan yang sangat pesat. Tingginya tingkat kunjungan wisatawan asing ke daerah Bali ini membuat seni batik juga menjadi semakin dikenal secara luas di luar negeri. Banyak dari wisatawan ini yang juga kemudian membeli batik ini sebagai baju batik untuk mereka sendiri atau sebagai hadiah buat sanak keluarga di negara mereka.

Source https://batikfashionista.wordpress.com/ https://batikfashionista.wordpress.com/2016/03/09/industri-batik-bali/
Comments
Loading...