Indonesia Presentasikan Batik di Washington

0 183

Indonesia Presentasikan Batik di Washington

Pada awal oktober bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) mendapat kesempatan untuk mengisi kuliah umum tentang batik di The Textile Museum of George Washington University.

KBRI mengundang NES by Helen Dewi Kirana, yang berkolaborasi dengan Batik Fashion Week, untuk mempresentasikan batik di Negeri Paman Sam tersebut. Mengusung tema besar “Reimagining The Past Through The Eyes of The Future” Indonesia mengangkat batik motif piring selampad yang menggambarkan filosofi keberagaman dan persatuan dari dua kebudayaan yang berbeda. Pada kesempatan ini Indonesia menampilkan peragaan busana batik motif piring selampad.

Presentasi Batik Fashion Week 2017 yang diwakili oleh Nadja dan Tafarrel di Washington DC dihadiri oleh pencinta dan pakar seni dari berbagai kalangan di Amerika. Dari pihak Mereka mengapresiasi seni batik dan bahkan meminta Batik Fashion Week untuk dapat mengadakan instalasi batik di museum tekstil George Washington University. Batik Indonesia telah ditetapkan sebagai warisan budaya dari Indonesia yang telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) pada 2 Oktober 2009.

Batik Fashion Week merupakan gerakan sosial yang memiliki misi utama melestarikan batik, khususnya di kalangan generasi muda. Batik Fashion Week terbentuk pada tahun 2015 dan diprakasai oleh Rafi Tohir. BFW merupakan perkumpulan yang terdiri dari anak-anak muda yang memiliki kepedulian akan kelangsungan hidup batik sebagai warisan budaya bangsa.

Source Indonesia Presentasikan Batik di Washington Batik
Comments
Loading...