Imlek Batik Motif Naga di Buru Pembeli

0 185

Imlek Batik Motif Naga di Buru Pembeli

Saat perayaan Imlek tahun ini, para perajin batik tulis yang ada di Kabupaten Blora mulai kebanjiran order pesanan.  Pesanan yang diterima kebanyakan menginginkan motif batik yang bernuansa imlek, seperti naga serta buah naga. Sehingga motif batik yang dibuat oleh para perajin umumnya seputar naga dan buah naga.  Sejak awal Januari lalu banyak yang pesan untuk dibuatkan kain batik dengan motif naga. Menurutnya mereka yang pesan banyak berasal dari etnis keturunan tiongha yang ada di Blora, namun masyarakat juga banyak yang pesan motif naga tersebut. Batik bernuansa Imlek itu, nantinya akan digunakan saat perayaan, serta kegiatan lainnya yang masih bernuansa Imlek.

Untuk motif lanjutnya memang yang memilih adalah pemesan mau dibuatkan motif yang seperti apa. Namun karena momen imlek, banyak yang meminta gambar naga, serta lampion-lampion. Motif tersebut kemudian dipadukan dengan motif menunjukkan ciri khas Blora, seperti akar jati dan motif lainnya yang sudah ada namun tidak meninggalkan ciri khas batik Blora. Sesuai nuansa imlek untuk warna yang dominan adalah warna merah serta hitam, dan ada yang meminta warna biru.

Pesanan batik ini semuanya dibuat dengan tangan, sehingga memakan waktu yang lama dan pemesan harus melakukan pemesanan jauh-jauh hari. Setelah melihat beberapa kain yang sudah jadi, hasilnya cukup bagus dan sangat menarik, sebab warnanya sangat cerah. Hingga saat ini beberapa karyawan yang ada di rumah produksinya masih sibuk membuat gambar naga, sebab banyakn yang dibuat dengan tangan.

Source http://kampungwisatabatikmas.blogspot.co.id/ http://kampungwisatabatikmas.blogspot.co.id/2015/02/imlek-batik-motif-naga-di-buru-pembeli.html
Comments
Loading...