Imbas Harga Bahan Baku Industri Batik Terkerek

0 36

Imbas Harga Bahan Baku Industri Batik Terkerek

Para pengusaha batik di Pekalongan kini sedang galau akibat imbas dari fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Ternyata, sebagian besar bahan dasar yang digunakan untuk membuat batik masih mengandalkan impor.

“Kalau dilihat dari produksi ada kenaikan cukup besar di bahan baku, sutra, katun, bahan baku pewarna. Kenaikan kurang lebih 10-15 persen,” kata Pengurus Yayasan Batik Indonesia, Failasuf.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Kadin Kabupaten Pekalongan ini menjelaskan, kegalauan pengusaha batik karena daya beli masyarakat tidak berbanding lurus dengan kondisi kenaikan biaya produksi akibat fluktuasi Dolar AS.

Mereka tidak bisa sertamerta manaikkan harga jual batik jika tak ingin pasar semakin sepi. Lebih banyak pengusaha batik di Pekalongan yang memilih untuk menekan keuntungan dibanding harus menaikan harga jual produk.

Menurut Failasuf, dampak buruk dari fluktuasi nilai tukar bukanlah kejadian baru, pengusaha batik sudah terbiasa mengalami kondisi semacam ini. Mereka pun tidak kaget hingga menutup usaha atau gulung tikar.

“Kalau sampai tutup atau bangkrut sih tidak, mungkin hanya sementara menunggu situasi kembali kondusif. Tapi ada juga beberapa toko yang produksinya menurun, grosir agak sepi,” ujarnya.

Menurut Failasuf, sebagai pengusaha, dalam kondisi apapun harus tetap semangat. Upaya yang mesti dilakukan sekarang adalah inovasi serta lebih kreatif.

Walau bahan baku naik akibat fluktuasi Dolar, nilai jual produk diupayakan tidak terpengaruh. Pemasaran online juga bisa menjadi solusi untuk pengembangan marketing.

Momentum penurunan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS ini membuat Failasuf mempertanyakan janji pemerintah yang sejak 10 tahun lalu berupaya melokalkan bahan baku batik yang selama ini impor.

Sampai sekarang realisasinya belum dirasakan sehingga gejolak nilai tukar akan tetap membayang-bayangi pengusaha batik

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2018/09/17/berita-lengkap-imbas-harga-bahan-baku-industri-batik-terkerek-dolar-as-bagi-pengusaha-batik
Comments
Loading...