Imam Mustafa Abadikan Keindahan Laut Sumenep lewat Kreasi ‘Sekar Jagat’

0 74

Imam Mustafa Abadikan Keindahan Laut Sumenep lewat Kreasi ‘Sekar Jagat’

Keindahan alam laut menarik perhatian desainer Imam Mustafa yang kemudian dia abadikan dalam bentuk gaun. Pemandangan laut yang berwarna hitam dan biru gelap serta paduan sinar keemasan menjadi inspirasi bagi pria kelahiran Sumenep ini pada karya yang dia beri nama ‘Sekar Sejagat’ ini. Batik Sekar Jagat klasik sengaja dipilih sebagai bahan busana yang dipadu kebaya potongan pendek. Dari delapan koleksi yang diperagakan di malam penutupan EJFT, Imam menyodorkan dua look, yaitu kebaya pendek khas Sumenep atau yang dikenal dengan nama Kebaya Marlena, dan kebaya kontemporer dengan potongan asimetris.

Untuk Kebaya Marlena, Imam menghadirkan rancangan berupa kebaya pendek khas Sumenep yang dipadu dengan rok batik pendek yang juga jadi ciri khasnya. “Saya memberi sentuhan modern berupa bordir dan payet-payet,” ungkapnya. Ada pun warna yang dipakai adalah warna pakem Sumenep, yaitu merah, hijau, kuning, dan biru. “Merah melambangkan keberanian, hijau berarti kesuburan, sedang kuning lambang pertanian, dan biru maknanya Sumenep dikelilingi oleh lautan,” imbuh Imam menjabarkan warna-warna yang digunakan pada busana rancangannya.

Pada kebaya kontemporer, Imam menampilkan empat busana kebaya kontemporer asimetris. “Saya terinspirasi pemandangan di pesisir pantai Gir Sereng,” tegasnya. Untuk look yang kedua ini dia memilih warna gelap, seperti hitam, biru tua atau biru dongker, dan emas untuk memberi kesan misterius. “Saya juga gunakan aksesoris pengantin Kapotret yang mewakili sisi budaya keraton yang kental,” tandasnya. Lewat rancangannya itu, Imam berharap dia bisa memperkenalkan sekaligus mempromosian budaya Sumenep ke lingkup yang lebih luas. “Sumenep kaya dengan budaya keraton ini yang ingin saya bawa ke masyarakat luas,” katanya. 

Source http://surabaya.tribunnews.com/ http://surabaya.tribunnews.com/2018/03/05/imam-mustafa-abadikan-keindahan-laut-sumenep-lewat-kreasi-sekar-jagat
Comments
Loading...