Ide Penciptaan Batik Ceplok Kembang Kates

0 185

Ide Penciptaan Batik Ceplok Kembang Kates

Dalam penciptaan Motif Batik Ceplok Kembang Kates yang diambil tidak seluruh dari komponen pepaya hanya sebatas pada biji dan bunga. Karena yang dianggap paling penting di dalam tanaman adalah biji atau benih pepaya dengan maksud biji atau benih yang bagus pasti akan menghasilkan buah yang terbaik. Tiap nama bagian Motif Ceplok Kembang Kates mempunyai makna simbol yaitu, benih menjadi simbol yang sangat penting dalam penciptaan motif ini karena disitulah benih-benih anak Bangsa Indonesia ini yang nantinya akan tumbuh dengan baik apabila bisa mendidik dengan baik.

Bunga sebagai simbol bahwa seyogyanya apapun pekerjaan yang dilakukan harus dilakukan dengah bungah (dalam bahasa Jawa senang) atau dalam kondisi yang menyenangkan atau berbunga-bunga tidak ada paksaan, dan tekanan agar berhasil dengan baik. Kates atau pepaya mempunyai makna hidup yang maksudnya mudah beradaptasi mengingat pohon ini dapat tumbuh diberbagai tempat, baik di daerah pegunungan, dataran, maupun pantai dan pohon pepaya selalu tumbuh dengan baik. Kates sebagai simbol bahwa sebaiknya sebagai manusia pandai-pandailah beradaptasi seperti pohon kates yang bisa hidup dimana-mana, bisa menempatkan diri dan beradaptasi dengan lingkungan tertentu.

Ceplok atau nyeplok dalam bahasa Jawa berarti ngecap. Di dalam komposisi Motif Batik Ceplok Kembang Kates penggunaannya agak miring keatas atau tidak sejajar, dengan makna agar penggunanya semangat dan selalu melihat ke atas agar maju kedepan. Karena pencipta Batik Ceplok Kembang Kates berada didunia pendidikan beliau ingin penciptaan batik tersebut menjadi sarana edukasi bukan hanya sekedar gambaran pola.

Source http://eprints.uny.ac.id/32309/1/SKRIPSI%20REAL.pdf
Comments
Loading...