Ide Dasar Motif Batik Carica

0 344

Ide Dasar Motif Batik Carica

Wonosobo memang tidak ada sejarah batik. Awal mula pelatihan batik dari pelatih Pekalongan, motif yang diajarkan adalah motif kipas dan serat ukir. Motif serat ukir bukan khas Wonosobo tetapi bawaan dari pelatih Pekalongan. Siti Asiyah selaku Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Wonosobo mengatakan bahwa dahulunya Pemerintah Kabupaten Wonosobo terutama Kholiq Arif  Bupati Wonosobo pada tahun 2008 menyarankan supaya menciptakan motif sendiri, tidak hanya menggunakan dan memvariasikan motif yang sudah ada, tetapi membuat motif sendiri yang mencirikan Wonosobo

Motif diambil dari potensi alam yang ada di Wonosobo. Kebanyakan motif dari dedaunan di Wonosobo seperti misalnya dari daun carica. Terinspirasi dari Kota Malang yang semua selalu berhubungan dengan Apel. Wonosobo juga berencana untuk memasukkan carica dalam berbagai aspek, baik produk kerajinan maupun produk makanan.salah satu produk kerajinan yang dibuat adalah batik dengan motif carica.

Atas dasar masukan dan saran dari Bupati Wonosobo, akhirnya dari kelompok Carica Lestari mempunyai gagasan untuk membuat carica menjadi sebuah motif dan menjadi produk unggulan yang pertama. Setiap daerah mempunyai ciri khas yang membedakan dengan daerah lainnya. Carica merupakan buah yang sangat langka dan merupakan tanaman yang di Indonesia hanya tumbuh di Wonosobo, sehingga dibuat motif batik.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...