Ida Fauziyah Komitmen Lindungi Perajin Batik

0 6

Ida Fauziyah Komitmen Lindungi Perajin Batik

Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah memulai hari pertama kampanye dengan mengunjungi sentra batik di Buaran, Kabupaten Pekalongan. Ida mendapat banyak keluhan para perajin batik mulai dari pajak bahan baku, hingga pemasaran.

“Untuk bahan baku, karena beberapa ada yang impor, seperti pewarna, pajak ditanggung pembeli. Jadi juga berpengaruh pada harga jual, setelah produksi,” ujar Nadia, salah seorang perajin batik.

Menurut Ida Fauziyah, memuliakan batik adalah bagian sangat penting dari slogan yang diusung yakni “Mbangun Jateng Mukti Bareng”. Dia pun ingin sentra-sentra batik yang ada di Jawa Tengah tetap eksis, sehingga keberadaan batik terus terjaga.

“Batik mewakili kebudayaan Jawa Tengah sekaligus salah satu kekayaan warisan leluhur yang sepatutnya kita rawat. Tentu kita berkomitmen, lakukan fasilitasi. Mulai dari awal produksi hingga pemasaran. Sehingga keberadaannya terus ada,” jelasnya.

Seusai mengunjungi sentra batik, cawagub nomor urut 2 ini juga mendatangi Paguyuban Pedagang Kuliner Gemek (PPKG), Kedungwuni, Pekalongan. Di lokasi ini, Ida menyapa sejumlah pedagang sekaligus melayani permintaan pedagang yang mengajak foto bersama.

“Kawasan ini kadang sering banjir. Kita juga ingin rencana pembangunan taman dipercepat,” kata salah seorang pedagang, Didik.

Source https://daerah.sindonews.com https://daerah.sindonews.com/read/1282572/22/ida-fauziyah-komitmen-lindungi-perajin-batik-1518724632
Comments
Loading...