Ibu Sumirah dan Batiknya

0 78

Ibu Sumirah dan Batiknya

Berada di ujung barat Banjarnegara, Desa Panerusan Wetan masuk dalam Kecamatan Susukan. Sebuah Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyumas di sebelah barat. Jalur yang saya lewati pun berada pada jalan provinsi. Membentang dari Banyumas-Banjarnegara hingga Semarang. Agak sedikit membingungkan memang, karena orang sudah kadung menyebutnya “Batik Gumelem” walaupun lokasi pembuatannya berada di empat desa tadi. Sebuah plang berlatar warna hijau dengan tulisan “Batik Gumelem “MIRAH” Produk Panerusan Wetan.

Tak banyak rumah-rumah di sekitarnya, suasananya pun lengang dan sepi, cocok sekali untuk mencari ketenangan. Dua buah rumah yang digabung dengan bagian tengahnya dijadikan ruangan untuk membatik sudah terlihat di depan. Hanya ada beberapa pekerja yang rata-rata mbah-mbah berusia sepuh yang terlihat tengah membatik.

Lembaran-lembaran kain yang disampirkan pada bambu-bambu yang dibuat sedemikian rupa terlihat apik saat dilihat. Sementara itu di tengah-tengahnya terdapat kompor gas dengan wajan yang terus mengepul karena dipanasi dari bawahnya. Inilah cairan lilin yang akan digunakan untuk menutup pola yang telah dibuat dengan mengoleskannya melalui canting.

Source https://www.ndayeng.com/ https://www.ndayeng.com/2018/12/08/ibu-sumirah-dan-batiknya/
Comments
Loading...