Ibu Pembuat Baju Batik

0 230

Ibu Pembuat Baju Batik

Keterampilan yang dimiliki oleh seorang seniman batik adalah keahlian yang telah diwariskan secara turun menurun dari ayah ke anak dan juga dari ibu ke anak mereka. Keahlian membatik diturunkan secara keluarga karena pada zaman dahulu pekerjaan membuat batik ini dilakukan di dalam rumah dan merupakan pekerjaan sampingan oleh ibu-ibu yang sedang menanti masa panennya. Para ibu sejak zaman dahulu adalah orang yang paling ahli dalam membuat dan juga melukiskan motif pada selembar kain batik. Batik juga digunakan oleh mereka untuk memenuhi dan mencukupi kebutuhan pakaian yang dibutuhkan dalam keluarga mereka.

Baju Batik merupakan salah satu sumber penghasilan yang dapat menambah keuangan keluarga. Seiring dengan perkembangan batik dan juga semakin banyak orang yang menyukai motif batik untuk dijadikan berbagai macam pakaian, maka banyak bermunculan keluarga yang menjadikan pembuatan batik menjadi penghasilan utama keluarga mereka.

Sejak lama batik telah dikenal sebagai kesenian yang berasal dari nenek moyang orang Jawa. Batik adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menahan warna dengan menggunakan lilin secara berulang kali di atas sebuah kain. Proses ini dilakukan agar pada waktu kain dicelupkan ke dalam zat cair warna, beberapa bagian dari kain tersebut tidak akan ikut memiliki warna yang ada pada zat cair tersebut.

Teknik ini lah sebuah kain baju batik dibuat dan pada akhirnya akan menjadi kain dengan motif dan warna yang indah seperti yang diinginkan oleh para pembuatnya. Pembuatan motif pada kain batik ini menggunakan alat yang dinamakan canting. Canting ini digunakan untuk membuat motif dan juga pola yang ada pada kain batik. Penggunaan canting ini telah berkembang dengan pesat terutama di daerah Jawa Tengah.

Source Ibu Pembuat Baju Batik Batik
Comments
Loading...