Ibu-ibu Dharma Wanita Berlatih Batik

0 163

Ibu-ibu Dharma Wanita Berlatih Batik di Kelompok Batik Sekar Jatimas

Kelompok Batik Sekar Jatimas kini sudah semakin dikenal luas oleh banyak orang. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya kunjungan dan pelatihan yang diikuti masyarakat di kelompok batik yang beralamat di Balecatur, Gamping Sleman. Beberapa waktu lalu bekerjasama dengan Dharma Wanita PT Telkom Yogyakarta, Kelompok Sekar Jatimas menggelar pelatihan membatik. Pelatihan tersebut sendiri diikuti sekitar 25 ibu-ibu. Nurul Hikmah Firmasyah ketua rombongan menjelaskan bahwa belajar membatik merupakan hal yang menarik dan perlu dilakukan, terlebih bagi orang yang tinggal Yogyakarta yang terkenal sebagai Kota Batik.

Alasan tersebut mendorong anggota Dharma Wanita PT Telkom beramai-ramai belajar membatik di Kelompok Batik Sekar Jatimas. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi para anggota Dharma Wanita PT Telkom Jogjakarta mengembangkan jiwa kewirausahaan. Lima Marlina selaku Ketua Kelompok Batik Sekar Jatimas menjelaskan pelatihan ini dipandu oleh anggota Kelompok Batik Sekar Jatimas yang telah memiliki sertifikat dalam proses produksi batik.

Dalam kesempatan ini Lina menyampaikan terima kasih kepada ibu-ibu Dharma Wanita PT Telkom Jogjakarta yang tidak hanya mempercayai Kelompok Batik Sekar Jatimas untuk memberikan pelatihan batik. Dengan belajar membatik berarti memiliki keinginan untuk mengenal lebih jauh tentang batik yang pada akhirnya akan lebih menghargai kain batik. Dengan pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan apresiasi ibu-ibu terhadap kain batik. Pada saat ini masih banyak warga masyarakat yang kurang menghargai karya batik. Masyarakat masih banyak yang memiliki persepsi salah tentang batik, dan masih banyak yang tidak bisa membedakan antara kain batik dengan tekstil bermotif batik, atau yang dikenal dengan batik printing.

Pelatihan membatik ini dilaksanakan mengikuti proses produksi batik mulai dari menyanting (membuat klowong), mewarnai dengan colet dan celup warna dasar serta melorot. Kelompok Batik Sekar Jatimas sendiri pada awalnya merupakan kelompok belajar malam di tingkat Dasawisma di Dusun Jatisawit, Balecatur, Gamping, Sleman. Dalam perkembangannya, kelompok ini tidak hanya memroduksi batik namun juga memroduksi berbagai produk turunan batik, seperti sandal kamar, tote bag dan pernik-pernik asesoris berbahan batik.

Source http://jogja.tribunnews.com/ http://jogja.tribunnews.com/2018/01/21/ibu-ibu-dharma-wanita-berlatih-batik-di-kelompok-batik-sekar-jatimas?page=3 http://jogja.tribunnews.com/tag/batik
Comments
Loading...