Ian Adrian Tampilkan Ragam Motif Batik Khas Tangerang Selatan

0 13

Ian Adrian Tampilkan Ragam Motif Batik Khas Tangerang Selatan

Menggandeng perancang nasional Ian Adrian, pemerintah Tangerang Selatan mengeksplorasi dan melakukan pengembangan batik-batik khas Tangerang Selatan. Selama setahun, Ian Adrian pun sudah banyak menghabiskan waktunya untuk blusukan di kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten ini.

Ian Adrian mengaku sangat bahagia dengan adanya upaya pengembangan tekstil di seluruh Nusantara, baik berupa tenun, jumputan, atau batik. Apalagi saat ini batik telah diakui UNESCO sebagai warisan milik bangsa yang seharusnya terus dilestarikan dan dikembangkan.

Sebanyak 76 rangkaian busana siap pakai bernuansa batik khas Tangsel karya Ian Adrian diperagakan dalam malam inagurasi peringatan hari ulang tahun Tangerang Selatan di Lapangan Sun Burst BSD pada Minggu, (26/11/2017). Segar dan kekinian menjadi gambaran yang ingin diciptakan Ian Adrian pada koleksinya tanpa meninggalkan unsur tradisional dari batik itu sendiri.

Inspirasi Motif Khas Tangerang Selatan

Ragam motif batik yang khas terinspirasi dari lingkungan, adat istiadat, kuliner, alam, flora dan fauna yang ada di wilayah Tangerang Selatan. Misalnya saja batik motif anggrek ungu Van Douglas yang merupakan tanaman peninggalan masa kolonial yang kini menjadi identitas kota Tangsel.

Ada pula batik yang bermotif Tanah Rumah Blandongan, yang terinspirasi dari bangunan semacam saung yang dibuat di dekat rumah induk (blandongan) dan berfungsi sebagai tempat kumpul warga. Ia juga mengatakan bahwa blandongan adalah tempat untuk menyimpan hasil kebun dan menjadi tempat petani rehat sesudah atau sebelum berkebun.

Menurut Ian Adrian, anggrek dan blandongan merupakan dua dari sekian ciri khas Tangsel yang belum banyak dikenal masyarakat. Selain dua motif yang telah disebutkan sebelumnya, Ian Adrian juga mengangkat batik motif Tandon Air dan Golok.

Semua motif batik Tangsel yang ditemukan berdasarkan sejarah dan kearifan lokal daerah Tangsel. Cerminan budaya Tangsel yang tidak lepas dari budaya Tionghoa juga tercurahkan dalam batik bermotif naga, banyi, kipas, dan klenteng.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-kegiatan/peristiwa/ian-adrian-tampilkan-ragam-motif-batik-khas-tangerang-selatan-5769
Comments
Loading...