Hari Kemerdekaan, Perajin Batik Sukabumi Usung Tema Merah Putih

0 52

Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, perajin batik di Sukabumi Jawa Barat mengeluarkan tema khusus merah dan putih. Seperti apa jadinya kalau corak bendera merah putih dijadikan salah satu tema dalam hasil karya batik? Para perajin batik Lokatmala kali ini mengangkat tema merah dan putih. Fonna Melani pemilik gerai batik Lokatmala mengaku memang sengaja mengangkat tema tersebut untuk menyemarakan hari kemerdekaan.

Bulan ini bulan kemerdekaan, kami ingin para pecinta batik tetap tampil modis dan bergaya di hari kemerdekaan dengan batik asli Indonesia, asli Sukabumi bercorak merah putih,” kata Fonna kepada awak media, Selasa. Menurut Fonna, ada beberapa motif hasil karyanya yang dimodifikasi khusus bertemakan kemerdekaan. Motif Masagi, Kaum Ageng Dapuran Awi, Jangilus dan Elang Jawa disulap warnanya bernuansakan merah dan putih.

Menurut Fonna, hasil karya bertema merah putih tersebut diminati berbagai kalangan, mulai untuk upacara paduan suara, menari hingga akan dipakai saat melaksanakan upacara kemerdekaan.“Jiwa nasionalisme itu tumbuh ketika kita mengenakan batik hasil karya anak bangsa sendiri. Jadi tidak sekedar kostum biasa, tapi juga menggelorakan semangat kemerdekaan. Sejak kita pamerkan di gerai banyak masyarakat yang tertarik untuk mengenalan batik ini,” lanjutnya.

Tidak hanya kebaya, motif batik merah putih juga menghiasi kerudung dan pashmina. Design yang modis membuat sejumlah pembeli mengaku tertarik untuk mengenakan batik tersebut.“Motif dan permainan warnanya memang unik, merah dan putih. Mungkin sengaja dibuat untuk menyambut kemerdekaan, tapi karena bentuknya modis bagus juga dipakai untuk acara resmi lainnya,” kata Nuna salah seorang pengunjung gerai batik lokatmala.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4165905/hari-kemerdekaan-perajin-batik-sukabumi-usung-tema-merah-putih?tag_from=news_beritaTerkait
Comments
Loading...