Hari Batik Nasional, Barbie Luncurkan Boneka Pakai Batik Iwan Tirta

0 33

Hari Batik Nasional, Barbie Luncurkan Boneka Pakai Batik Iwan Tirta

Batik sebagai warisan budaya hadir untuk siapa saja, termasuk boneka Barbie sekalipun. Kini, sang boneka cantik itu tak mau kalah tampil modis dengan busana batik yang kekinian. Barbie versi batik ini diluncurkan secara resmi berbarengan dengan Hari Batik Nasional. Dinamai ‘Kirana’ yang berarti ‘cahaya’, koleksi teranyar ini merupakan buah kolaborasi Mattel selaku produsen Barbie dengan Iwan Tirta Private Collection.

“Sudah menjadi tujuan Barbie menginspirasi anak-anak perempuan untuk mengeksplor kebudayaan daerahnya. Maka kami mau melakukannya juga dengan batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang motifnya penuh akan filosofi kehidupan,” ujar Head of Marketing PT Mattel Trading Indonesia Jia Li Fong saat acara peluncuran di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Dalam seri Kirana ini, Barbie hadir dalam dua look berbeda, yakni formal dan kasual. Barbie dengan tampilan yang formal muncul dalam balutan strapless mini-dress dengan rok flare gelap yang berhiaskan motif Sawunggaling Poleng. 

Diungkapkan Direktur Kreatif Iwan Tirta Private Collection Era Soekamto, motif ini melambangkan sikap seorang pemimpin yang bijak. “Poleng sendiri berarti keseimbangan. Untuk menjadi pemimpin yang baik, diperlukan keseimbangan hidup,” ujar Era. Untuk Barbie bergaya kasual, Era memilih motif Kawung Manis yang berarti sebuah harapan untuk menjadi pribadi yang rendah hati dan selalu menghargai budayanya. Motif tersebut lantas menghiasi rok high-waisted yang dipadu dengan atasan putih tanpa lengan.

Secara garis besar, kata Era, motif tersebut mengajari anak-anak perempuan tentang pentingnya inner beauty demi meraih impian dan cita-cita. Sebagaimana sosok Barbie yang hadir dengan ragam profesi. “Ini inspirasi buat mereka. Saya berharap pesan ini dapat ditangkap orangtua untuk disampaikan lagi kepada anak-anak,” tambah Era. Filosofi masing-masing tersebut juga tertera di kemasan Barbie Kirana untuk memudahkan orangtua mengedukasi anak-anaknya. Batik Kirana sudah bisa didapatkan di gerai-gerai mainana ternama di Indonesia dengan harga Rp 299 ribu per buah.

Source https://wolipop.detik.com/ https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-4239005/hari-batik-nasional-barbie-luncurkan-boneka-pakai-batik-iwan-tirta
Comments
Loading...