Hari Batik Nasional: 5 Desainer Lintas Generasi yang Berdedikasi Untuk Batik

0 82

Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, maka ini merupakan waktu yang tepat untuk membahas mengenai salah satu warisan wastra Indonesia yang patut dilestarikan yaitu batik.

Batik yang awalnya identik dengan kesan kuno, kini mindset tersebut mulai sirna. Perlahan para desainer tanah air juga semakin kreatif dengan menciptakan karya-karya berbahan dasar batik dengan desain yang lebih modern. Bahkan jika dahulu batik cenderung bernuansa warna gelap, kini batik juga hadir penuh warna dengan motif yang lebih ceria, sehingga bisa digunakan oleh ragam kalangan mulai dari anak-anak, hingga dewasa.

Berkat talenta para desainer ternama Indonesia, mereka berhasil membawa batik semakin terkenal tak hanya di Indonesia saja, tapi juga hingga kancah Internasional. Dalam rangka Menyambut Hari Batik Nasional, berikut para pahlawan wastra yang sukses mengharumkan Indonesia lewat karya batik rancangannya.

Ghea Panggabean

Ghea Panggabean identik dengan rancangannya yang selalu bernafaskan Indonesia. Dalam berkarya, Ghea Panggabean berhasil mengolah kain-kain batik ke dalam berbagai karya yang unik. Ghea berhasil menciptakan batik terlihat lebih bergaya lewat desain menarik seperti gaya bohemian dengan sentuhan batik. Siapa sangka, kreasinya tersebut berhasil membuat tampilan batik terlihat nyaman dan stylish.

Denny Wirawan

Denny Wirawan juga khas dengan karya-karyanya yang identik dengan batik. Di tangannya, ia berhasil berkreasi dengan batik yang dapat diolah menjadi ragam rancangan bergaya anggun dan elegan.

BIN House

Berbicara batik, BIN House juga merupakan salah satu desainer Indonesia yang berhasil menjadikan kain warisan ini menjadi lebih unik dan cantik. Josephine Komara atau yang akrab disapa Obin memiliki kecintaan yang mendalam terhadap batik. Ia selalu menghadirkan rancangan batik yang sederhana dengan pesona yang menakjubkan. Di tangannya, ia sukses mempercantik para perempuan Indonesia melalui pesona batik.

Rama Dauhan

Walaupun tidak selalu mengeluarkan koleksi batik, namun Rama Dauhan merupakan salah satu desainer muda yang turut melestarikan batik. Di tangannya, ia berhasil menciptakan karya batik yang berjiwa muda dengan desain yang kreatif dan inspiratif. Rama Dauhan selalu totalitas menuangkan ide kreatifnya hingga menjadi sebuah rancangan yang menakjubkan.

Amanda Hartanto

Amanda Hartanto juga merupakan salah satu desainer muda yang selalu berkarya dengan inspirasi budaya Indonesia. Lewat kreasinya, ia kerap memilih batik dengan paduan konsep modern dan entik yang diperuntukkan bagi generasi muda yang dapat diterima hingga kancah mancanegara. Menghadirkan busana ready to wear dengan desain chic, tak heran Amanda Hartanto menjadi salah satu desainer muda berbakat yang berhasil menarik minat generasi muda terhadap batik.

Source https://www.fimela.com https://www.fimela.com/fashion-style/read/3657506/desainer-poppy-karim-rayakan-hari-batik-nasional-lewat-video-singkat
Comments
Loading...