Hari Batik, Mengingatkan Cinta Indonesia lewat Balutan Budaya

0 37

Hari Batik, Mengingatkan Cinta Indonesia lewat Balutan Budaya

Hari Batik Nasional jatuh pada hari ini 2 oktober. Hari ini penuh dengan orang orang menggunakan batik untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Pada 2 Oktober kita diingatkan lagi tentang indahnya budaya Indonesia lewat Batik. Karena tidak semua budaya mampu diakui secara Internasional layaknya Batik Indonesia. Batik memang sudah memiliki sejarah panjang di Indonesia, dan kita pun sudah sering memperjuangkan agar tidak dicuri pihak lain.

Perjuangan ini harus kita teruskan mengingat Batik ini sudah menyelimuti kehidupan bangsa Indonesia. Dari mulai lahirnya seseorang bayi yang di gendong dengan batik hingga meninggalnya yang diselimuti kain batik juga. Bisa dikatakan Batik sudah tidak terlepaskan lagi dari kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia.

Batik tidaklah hanya sekedar kain, namun memiliki simbol dan budaya dalam corak dan teknik pembuatannya, dimana setiap daerah memiliki keunikannya masing masing. Tak jarang batik dinilai sakral dan digunakan dalam ritual dan upacara seperti pernikahan dan pertunjukan seni.

Dengan berkembangnya zaman, para seniman batik tradisional semakin sedikit. Ini merupakan ancaman terhadap budaya Batik. Seiring perkembangan zaman maka penggunaaan batik pun mulai berubah dan mampu bersaing dengan deretan style fashion modern. Lihat saja cantiknya para model di Batik Fashion week 2017 kemarin.

Sebagai warga Indonesia wajib untuk mengapresiasi seni Batik dan mencerminkan sikap luhur Indonesia dalam mengenakannya, jangan sampai kita mencemari budaya kita oleh perilaku kita yang tidak terpuji seperti tawuran dan sengketa. Biarlah dunia merasakan damai dan tentramnya Negeri kita Indonesia ketika mereka melihat seseorang berpakaian batik.

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/adamafrixal/5bb32112aeebe1508d55a353/hari-batik-mengingatkan-cinta-indonesia-lewat-balutan-budaya
Comments
Loading...