Harga Batik Berusia Ratusan Tahun Capai Ratusan Juta

0 20

Sejak diakui sebagai warisan budaya asli Indonesia, batik semakin memiliki nilai investasi yang tinggi. Jika batik-batik kuno berusia ratusan tahun, dulu hanya dibeli para kolektor dengan harga hanya jutaan rupiah kini harga jualnya bisa mencapai satusan juta. 

Kolektor batik banyak memburunya. Harga tidak menjadi suatu kendala asalkan bisa memiliki ragam batik nusantara yang tidak ada duanya di dunia. Salah satu kolektor batik yang mengakui hal itu, adalah Dwita Herman. Wanita dari Buana Alit Jakarta ini memiliki banyak koleksi batik kuno yang berusia ratusan tahun. Bahkan dibuat pada awal tahun 1900. Bahkan kain katun yang menjadi bahan utama batik itu masih buatan Eropa dan Amerika. 

“Dulu belinya hanya Rp 6 jutaan. Kini ada yang sampai ditawar Rp 150 juta. Tapi tidak saya lepas,” ujar Dwita, Rabu ditemui di Grha Wismilak Surabaya. Batik-batik bernilai tinggi itu, koleksinya dipamerkan dalam ajang Wismilak Ragam Pesona Batik yang akan digelar di Grha Wismilah hari ini, Kamis hingga Rabu . Ada banyak batik kuno dari berbagai daerah akan dipamerkan di tempat itu.

Dwita mengakui batik sangat bisa dijadikan barang investasi, selain emas dan produk investasi lainnya. Namun juga dibutuhkan perawatan yang cukup detail agar batik bisa bernilai jual tinggi, selain kolektornya harus paham akan filosofi batik yang dikoleksinya. 

Batik-batik semacam itu memang akan sulit diproduksi untuk zaman sekarang. Banyak kendala yang dihadapi, terutama masalah tenaga kerja. Para perajin batik terkendala upah pekerja yang diharuskan sesuai dengan upak minimum regional (UMR). Ketika batik-batik semacam ini diproduksi, biaya produksinya sangat mahal. “Bisa mencapai Rp 50 juta untuk memproduksi desain batik sejenis batik-batik kuno,” jelasnya.

Source https://www.bangsaonline.com https://www.bangsaonline.com/berita/5646/harga-batik-berusia-ratusan-tahun-capai-ratusan-juta
Comments
Loading...