Harga Alat dan Bahan Membuat Batik

0 291

Harga Alat dan Bahan Membuat Batik

Definisi batik itu sendiri adalah karya seni rupa pada kain yang menggunakan proses pewarnaan rintang yang memakai malam/lilin panas sebagai perintang warna. Jadi, apabila yang tidak melalui proses pewarnaan rintang yang memakai malam/lilin panas sebagai perintang warna tidak bisa disebut batik, melainkan hanya tekstil bermotif batik. Seperti halnya, stetmen yang telah dilontarkan UNESCO bahwa yang dimaksud warisan budaya bukanlah hanya sekedar kain batik maupun motifnya saja, akan tetapi ‘warisan budaya tak benda’ menuju kepada serangkaian proses pembuatan batik itu sendiri yang merupakan warisan turun temurun yang diwariskan kepada generasi penerus (muda) Indonesia. Secara umum telah mengetahui langkah-langkah atau serangkaian proses pembuatan batik, mari kita bahas atau mengenal sedikit mengenai harga alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan batik.

Harga Alat Membatik:

  • Kompor dan wajan, digunakan untuk memanaskan malam/lilin agar menjadi cair: Harga: Rp. 45.000,-
  • Canting, alat untuk membatik (berfungsi sebagai pena membatik): Harga: Rp. 7.000,-/buah

Harga Bahan-bahan Membuat Batik:

  • Kain mori (katun), media untuk membatik: Harga: Rp. 25.000,-/meter
  • Malam/lilin, sebagai perintang warna: Harga: Rp. 80.000,-/kilogram
  • Pewarna sintesis: Harga: Rp. 20.000,-
  • Paket alat dan bahan membatik (kompor+wajan; canting; kain mori ukuran 35cm x 35cm; malam/lilin; dan pewarna): Harga: Rp. 100.000,-

Harga alat dan bahan membuat batik di atas dapat saja berbeda satu daerah dengan daerah lainnya. Namun untuk acuan, harga di atas merupakan harga standar pasar saat ini.

Source http://sanggarbatikkatura.com/ http://sanggarbatikkatura.com/alat-dan-bahan-pembuatan-batik
Comments
Loading...