Harapan Dalam Motif Batik

0 199

Harapan Dalam Motif Batik

Pola batik yang dibuat di masa lalu dikenal dengan sebutan Motif Batik Klasik. Beberapa diantara Motif Batik Klasik ini banyak yang hingga saat ini bertahan bahkan dikembangkan dengan berbagai jenis cara. Batik yang dibuat oleh para seniman batik di masa lalu pada umumnya dibuat dengan memiliki tujuan tertentu dan dalam motif baju batik yang mereka buat terdapat makna yang indah.

Motif Batik Klasik tersebut sangat banyak dan beberapa diantaranya banyak yang menggunakan kata sida atau kata sido sebagai awalan kata motif batiknya. Motif Batik ini merupakan sebuah Motif Batik Tradisional yang telah ada sejak zaman dahulu. Sida atau sido merupakan kata yang ada dalam bahasa jawa yang memiliki makna sebagai sudah atau telah terlaksana. Motif Batik yang menggunakan kata sida sebagai awalan ini sangat banyak dan pada umumnya memiliki harapan yang baik untuk orang yang memakai Motif Batik ini.

Motif Batik yang disebut sebagai Batik Sidaluhur ini merupakan motif batik yang memiliki makna dan juga harapan agar manusia dalam kehidupannya mencapai keluhuran budi selama hidup mereka di dunia ini. Harapan yang baik ini juga termasuk dalam kemakmuran, keluhuran budi dan juga mendapatkan materi yang baik dan dapat mencapai hal yang baik dalam kehidupan manusia. Ada juga Motif Batik Sidamukit yang merupakan Motif Batik yang kerap dipakai dalam acara pernikahan.

Batik Sidaluhur ini pada masa lalu untuk warna pada kain batiknya menggunakan bahan alami yang berasal dari soga alam. Kain Batik Sidamukti ini kerap dijadikan pakaian oleh para pengantin Jawa karena kandungan makna yang baik yang ada pada Motif Batik ini. Motif Batik ini mengandung harapan agar orang yang memakan batik dengan motif ini dapat memperoleh kemakmuran dalam kehidupannya baik itu dalam hal materi maupun non materi.

Source Harapan Dalam Motif Batik Batik
Comments
Loading...