Hal Sepele yang Jangan Dilakuin Kalo Kita Jadi Turis Ke Negara Ini

Udah punya rencana liburan? Buat yang udah punya rencana, apalagi mau liburan ke luar negeri, kayaknya harus lebih teliti ya sama peraturan di negara yang mau kita kunjungin. Karena secara nggak sadar, beberapa kegiatan yang kayaknya spele dan banyak turis lakuin ternyata adalah hal yang ilegal. Nggak cuma buat warga sekitar tapi juga ada beberapa hal yang sebenernya nggak boleh turis lakuin. Hmm, biar nantinya liburan kita lebih nyaman dan aman,

 

EROPA – FEEDING A PIGEON

Pernah nggak sih ngasih makan binatang yang ada di sekitar tempat destinasi pas kita liburan? Kayak ngasih makan burung atau rusa. Ternyata kegiatan ngasih makan burung di Eropa itu sebenernya ilegal guys, alesan kenapa kegiatan itu ilegal adalah karna setelah turis-turis ngasih makan ke burung-burung, banyak sisa remahan roti yang tertinggal dan bikin area sekitar  jadi kotor.

 

SINGAPORE – JANGAN MAKAN DI TRANSPORTASI UMUM

Buat yang gampang laper, kayaknya kalo liburan ke Singapore dan mau nyobain transportasi umum di sana kita harus makan banyak sebelumnya deh. Karena ternyata makan di transportasi umum di sana itu ilegal, alesannya masih sama kayak Eropa yakni kebersihan. Warga Singapore nggak mau kalo transportasi umumnya keliatan kotor. Kalo kita ketahuan makan di transportasi umum di sana bakal di denda sebesar 500 dollar Singaporea, lho!

 

KOREA SELATAN – JANGAN FOTO SEMBARANGAN

Kita yang suka foto-foto atau suka motret keadaan sekitar pas lagi liburan, kayaknya harus lebih hati-hati kalo lagi di Korea Selatan. Di Korea Selatan ada larangan untuk nggak mengambil foto orang Korea, terutama cewek korea. Belum ada yang tau alasan jelasnya kenapa, mungkin  mereka nggak mau kenyamanan dan privasi mereka di ganggu. So, kalo kita emang mau mengambil foto mereka, lebih baik izin ke mereka dulu guys, siapa tau abis ini bisa jadi teman hehehe.

 

JEPANG – NGGAK BOLEH MEMBERI TIP

Siapa nih yang suka baik hati ngasih tip ke pelayan di resto atau café?. Kalo diantara kita  ada yang sering ngelakuin hal ini di Indonesia, kayaknya harus stop sementara kalo kita lagi liburan di Jepang. Di Jepang, memberikan tip ke pramusaji  dianggap sebagai penghinaan, meremehkan dan bahkan dianggap memandang rendah si pramusaji lho! Jadi, bilang terima kasih ke pramusaji di sana juga udah cukup ya guys.

 

THAILAND – JANGAN MERUSAK MATA UANG THAILAND

Kalo biasanya kita suka asal-asalan menyimpan uang dan bikin uangnya lecek, hal ini yang harus kita hindarin pas liburan ke Thailand. Soalnya warga di negara gajah putih ini sangat menghormati rajanya yang menjadi gambar mata uang Thailand. Nggak cuma bikin uangnya lecek, menjatuhkan atau menginjak mata uang Thailand ini juga bisa menimbulkan masalah besar. Wah, harus bisa lebih rapi nih.

 

RUSSIA – JANGAN SENYUM DI DEPAN UMUM

Orang Indonesia terkenal banget sama keramahan dan murah senyum. Di  Indonesia nggak ada larangan buat senyum di depan umum. Sayangnya, kalo kita ke Russia senyum di depan umum adalah hal yang nggak boleh dilakuin. Tersenyum di Russia cuma bisa dilakuin sama orang-orang yang udah saling kenal. Jadi kalo kita tiba-tiba senyum di depan umum tanpa sebab yang jelas biasanya dianggap sebagai perbuatan yang mencurigakan dan licik. Pastiin ya kalo kita ke Rusia jangan sampe sendirian di depan umum biar kita bisa senyum sebebasnya hehehe.

 

FINLANDIA – JANGAN BASA-BASI KE PENDUDUK LOKAL

Kalo di Russia kita nggak boleh senyum di depan umum, Finlandia hampir punya larangan yang agak mirip nih. Penduduk lokal di Negara ini ternyata suka menyendiri dan peduli banget sama personal space masing-masing. Hal ini dianggap terlarang karena budaya  dari Scandinavia yang sangat membenci basa-basi dan memilih diam.

Leave a Comment