Hal-hal Penting Jika Ingin Membuat Busana Berbahan Kain Batik

0 160

Hal-hal Penting Jika Ingin Membuat Busana Berbahan Kain Batik

Untuk menghargai kerajinan batik, terutama batik tulis dan cap dengan motif batik Jawa Solo dan Jogja, maka ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin membuat busana berbahan kain batik tersebut sebagai material fashion, yakni:

  • Motif batik harus secara proporsional diperhatikan dalam desain busana agar tidak merusak maknanya serta tetap menghasilkan estetika yang diharapkan.
  • Harga batik tulis dan cap bervariatif, tergantung dari motif, warna, dan asal perajinnya. Harga yang ditentukan karena motif karena berpengaruh dari detail dan lama proses pengerjaan. Semakin detail dan lama pembuatannya maka akan semakin mahal. Harga batik tulis paling murah di skala perajin mulai dari Rp 150 ribu hingga jutaan rupiah. Umumnya, kain batik tulis yang digunakan untuk fashion berkisar antara Rp 150 ribu – Rp 1,5 jutaan. Di atas harga tersebut, umumnya dijadikan sinjang atau jarik yang sayang jika dipotong-potong.
  • Untuk lelaki, gunakan material kain batik dengan motif besar atau motif jarang. Ini ditujukan untuk performance busana lelaki yang tidak terlalu mencolok atau tidak menjadi menarik.
  • Untuk wanita, material kain batik dengan motif besar atau kecil sah-sah saja dikenakan. Motif yang penuh akan mendukung keindahan penampilan wanita, ditunjang dengan warna yang memikat.
  • Batik Solo dan Jogja punya kekhasan warna coklat sogan. Warna ini merepresentasikan sikap formil seseorang yang mengenakannya. Warna coklat sogan merupakan warna netral bagi pengguna berkulit hitam, sawo matang, kuning langsat, maupun putih. Warna coklat sogan pula merupakan warna yang direkomendasikan bagi pengguna bertubuh subur.
  • Untuk warna kain batik tersedia berbagai macam warna. Untuk usia muda, bebas menggunakan ragam warna yang tersedia. Warna khas batik sendiri adalah coklat, biru, merah, dan hijau karena pada masanya teknik pewarnaannya masih menggunakan pewarna alami. Seiring berjalannya waktu, ragam warna kain batik bervariasi karena menggunakan pewarna kimia.
  • Carilah penjahit berpengalaman dalam menangani busana berbahan kain batik. Kain batik tulis dibuat sekali oleh perajinnya hingga pemiliknya akan merasa diistimewakan karena tiada duanya. Buka-buka referensi busana batik yang pernah dibuat untuk dijadikan contoh atau modifikasi.
  • Jika telah memiliki busana batik tulis atau cap, jangan pernah mencucinya dengan sabun cuci. Ikuti petunjuk perawatan dan pencuciannya atau tanya kepada penjualnya bagaimana semestinya memperlakukan batik. Busana batik tulis maupun cap umumnya direndam dalam larutan lerak dan diangin-anginkan kala penjemuran karena tidak boleh terkena matahari langsung.
  • Busana batik sering juga dijadikan conversation starter. Misalkan kamu pergi ke luar negeri mengenakan batik dan orang asing mengenali batik sebagai budaya khas Indonesia, kamu adalah duta batik Indonesia. Maka perbanyak pengetahuan tentang ragam motif batik dan asal-muasalnya. Dengan demikian, kamu dapat mempromosikan tradisi dan budaya Indonesia.
Source https://www.batiklopedia.com/ https://www.batiklopedia.com/do-dont-gunakan-batik-fashion/
Comments
Loading...