Guru Batik Nasional yang Dinobatkan Jokowi

0 33

Guru Batik Nasional yang Dinobatkan Jokowi

Pada hari batik 2018 ini, tahukah kamu kalau Indonesia punya guru batik nasional? Yuk mengenal sosok guru batik nasional dari Banten yang menciptakan 250 motif batik ini. Uke Kurniawan itulah nama pria Banten yang dinobatkan Presiden Jokowi sebagai guru batik nasional. Ia diminta Jokowi memperkenalkan batik ke seluruh nusantara. Berbekal hobinya menggambar dan menjadi pensiunan muda di Kementerian PU, Uke menciptakan kurang lebih 250 motif batik asli Banten. “Saya mengkaji motif ini dari arkeolog UI (Universitas Indonesia) sejak tahun 2002 tangal 25 Mei sampai Oktober,” ujarnya.

Uke mengungkapkan dari 250 motif batik tersebut, baru 170 di antaranya yang sudah dipatenkan. Rinciannya, 90an motif dipatenkan bersama ikatan arkeolog, dan sekitar 80an dipatenkan oleh ilmuan dari Universitas Indonesia (UI).  “Sisanya belum diapatenkan karena berkaitan dengan filosopi. Jadi, ciri khas batik ini adalah ragam hiasnya khas Banten,” kata Uke. Ciri inilah menurutnya yang membedakan dengan batik daerah lain. Meski di Banten misakan ada batik Cikadu, atau batik dari Lebak. Ciri batik Banten juga bukan berdasarkan kreasi ciptaan tapi merupakan motif dari ragam hias yang ada di peninggalan arkeologis di Banten. 

75 ornamen purbakala di tanah Kesultanan Islam Banten ditemukan di berbagai medium. Motif ornamen ini banyak ditemukan di berbagai bekas peninggalan seperti gerabah, guci, batu nisan dan ornamen bangunan. Motif ini kemudian mendapat penomoran sendiri berdasarkan Balai Pelestarian Cagar Budaya sampai 75. Motif dari benda purbakala ini menjadi ide Uke sebagai dasar motif pembuatan Batik Banten. Ia menggabungkan berbagai motif dasar itu menjadi aneka ragam batik Banten dan menjadikan motif batik terbaik.

“Motifnya dari benda purbakala, yang disebut artefak Kreweng Trewengkal tembikar guci dan termasuk ornamen di bangunan (Kesultanan Banten),” kata Uke. Uke menjelaskan soal salah satu motif batik populer di Banten yaitu motif Sebakingking. Motif yang dipercaya pernah dipakai oleh Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini memiliki filosofi nama gelar Panembahan Sultan dalam penyebaran agama Islam di tanah Banten. Dua motif lain seperti Datulaya dan Mandalikan juga pernah mendapat sertifikat motif batik terbaik se dunia pada 2003 di Malaysia dan Singapura. Motif Datulaya memiliki nilai sejarah karena menjadi motif tempat tinggal Sultan Maulana Hasanuddin dan tata ruang di kesultanan. Sedangkan Mandalikan, adalah motif yang memiliki filosofi gelar yang diberikan kepada Pangeran Aria Mandalika dalam penyebaran Agama Islam.

Karena berbeda, batik Banten menjadi satu-satunya batik sejarah. Ini menurut Uke diakui oleh para arkeolog dan pemerintah Indonesia. Selain itu, secara keseluruhan menurutnya motif batik Banten memiliki kecenderungan warna abu-abu soft. Secara teknis, warna ini dipengaruhi kadar air di Banten yang memiliki zat besi tinggi. Selain itu, dominasi warna tersebut juga menunjukkan karakter asli warga Banten. “Abu-abu soft itu artinya cita-cita, kemauan, ide dan tempramen tinggi tapi pembawaan kalem. Itu menunjukan karakter Wong Banten,” katanya lagi.

Source https://wolipop.detik.com/ https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-4238532/hari-batik-kamu-sudah-kenal-guru-batik-nasional-yang-dinobatkan-jokowi-ini
Comments
Loading...