Guru Batik Hadir Dengan Modal Nekat, Mejadi Idaman Para Pendidik

0 23

Dheni Nugroho, Memiliki sebuah usaha sendiri dan mendapatkan toko yang terletak di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) yang tidak pernah terpikirkan oleh nya saat menjadi mahasiswa dan pemuda yang saat ini masih meneruskan sekolah di jenjang masteri pendidikan matematika telah memberikan rasa yang baru di dunia batik Indonesia. Dan karya dari Dheni Nugroho telah diberikan penghargaan sebagai salah satu pemenang YCP (Youth Creative Competition) tahun 2018 yang telah digelar oleh Citi Foundation dan UNESCO Jakarta. Nahh penasaran bagaiamana ia dapat meraih kesuksesan di dunia batik ?

Dheni Nugroho mulai mendapatkan kesemapatan untuk berwirausaha saat Ia menempuh kuliah di UNY dari berbagai cara yang telah ia lakukan, dari Ian membuat dan menjual stiker di sekeliling kampus, membuat kaos yang telah didesain sendiri,bahkan menjual kripik untuk mahasiswa yang suka camilan, tetapi usaha yang telah Ia buat seperti ini tidak bertahan lama karena hanya mengikuti tren.

Dan ternyata Dheni mendapatkan pintu untuk memulai usahanya. Dengan ketertarikan budaya Indonesia yaitu batik dengan modal Ia mencari sebuah informasi dari internet untuk menggali apa itu batik. Sehingga peluang itu muncul untuk nya ketika sahabatnya Miftakhun Nur Ikhsan mulai mengajak untuk usaha dalam mengembangkan batik yang lebih modern yang tidak tertinggal zaman.

Dheni Nugroho mulai membuat desain batik yang memakai ikon yang berasal dari daerah Kalimantan Barat, Yogyakarta, dan DKI Jakarta. Dheni dan teman temannya telah melakukan observasi dan penelitian untuk pengrajin batik melalui dina dan literatur tentang apakah diperbolehkan untuk memodifikasi motif batik karena dalam batik pasti memiliki corak yang memiliki aturan baku sehingga tidak semua orang boleh dan bisa mengubah corak batik sembarangan.

Nahh pastinya ketika membangun dan mendirikan sebuah usaha pasti ada rasa suka duka, dan Dheni Nugroho dan sahabat sahabat nya ini termasuk mempunyai inovasi batik yang mulai kebanjiran customer. Nahhh disaat itulah tim dari Dheni Nugroho mulai membuat jalan sendiri sendiri, mulai dari ada yang melanjutkan kuliah nya, bekerja, hingga ada yang mulai membuka usaha batik sendiri. Disaat itu pula Dheni Nugroho tetap semangat dan tetap berjuang untuk mempertahankan apa yang telah didirikan dan yang telah dibangun bersama sahabat sahabatnya.

Guru Batik Indonesia itu adalah Misi Dheni Nugroho, di usaha yang telah dibuat ini untuk menyediakan batik untuk seluruh guru guru di Indonesia. Kain Batik dengan harga Rp.120ribu diharapkan agar guru guru dapat tertarik untuk membeli  sebagai oleh oleh.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/guru-batik-hadir-dengan-modal-nekat-mejadi-idaman-para-pendidik
Comments
Loading...