Gunung Kidul Akan Patenkan Batik Motif Kepek

0 132

Gunung Kidul Akan Patenkan Batik Motif Kepek

Pemerintah Desa Kepek, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mematenkan produk Batik Motif “Kepek” dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian warga. Kepala Desa Kepek Bambang Setiawan di Gunung Kidul mengatakan Motif Kepek merupakan batik bergambar manding atau petai cina muda atau dalam istilah Jawa dikenal dengan “Kepek”. “Motif Kepek merupakan produk asli daerah kami,” kata Bambang. Motif ini sudah diproduksi meski berskala kecil. Nantinya setelah dipatenkan motif batik ini akan dikembangkan produksinya. Pelakunya ialah ibu rumah tangga dan masyarakat Desa Kepek yang berminat mengembangkan usaha batik.

Bambang mengatakan pihaknya nantinya Motif Kepek akan menjadi baju perangkat desa, dan lembaga yang berada di desa dan dusun. Hal ini untuk memotivasi masyarakat memproduksi dan mencintai produk karya desanya. Selain itu, pihaknya akan meningkatkan sumber daya manusia, agar produksinya meningkat dan berkualitas. Untuk memaksimalkan pengenalan produk, Desa Kepek juga akan membuat show room yang rencananya akan dibuka dikomplek balai desa.

Keberadaan show room akan memiliki efek domino, yakni mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Sementara itu, Ketua Paguyuban Batik Desa Kepek Guntur Susilo mengatakan berbagai pelatihan yang melibatkan pihak ketiga sudah dilakukan secara berkesinambungan. Masyarakat kini telah memproduksi batik motif Kepek ini di rumah masing-masing.

Source http://www.republika.co.id/ http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/12/09/ngbo8r-gunung-kidul-akan-patenkan-batik-motif-kepek
Comments
Loading...