Griya UMKM Bakal Pamerkan 20 Besar Juara Lomba Desain Batik Khas Yogyakarta 2015

0 55

Griya UMKM Bakal Pamerkan 20 Besar Juara Lomba Desain Batik Khas Yogyakarta 2015

Griya UMKM akan menjadi tempat dipamerkannya 20 Besar Juara Lomba Desain Batik Khas Yogyakarta 2015, pada Jumat-Sabtu. Pameran diselenggarakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian (Perindagkoptan) Kota Yogyakarta.

Pameran tersebut merupakan tindak lanjut Lomba Desain Batik Khas Yogyakarta, 16 Maret 2015 hingga 29 Mei 2015, yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Yogyakarta.

“Dalam pameran karya istimewa ini akan menampilkan 20 karya batik hasil nominasi lomba desain motif batik yang telah dipilih oleh Dewan Juri,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Sumberdaya UMKM Disperindakoptan Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto, kepada Jogja Daily, di Balai Kota Yogyakarta.

Ia mengungkapkan, pameran juga akan menampilkan 100 karya pilihan peserta lomba yang dipilih dari 468 karya 410 peserta lomba yang masuk. Display karya dilengkapi dengan penjelasan tentang filosofi karya, fungsi, nama pencipta, dan data pendukung lain.

“Pameran karya istimewa ini akan berlangsung di Griya UMKM Kota Yogyakarta, Jalan Taman Siswa No. 39 Yogyakarta pada tanggal 5 dan 6 Juni 2015. Pameran dibuka untuk umum mulai Pukul 09.00 hingga 16.00,” terang Tri Karyadi.

Karya pemenang lomba, menurut Tri, rencananya akan dipakai sebagai bahan masukan seragam PNS, PKK, dan Dekranasda Kota Yogyakarta.

Juara I berhak atas hadiah Rp10 juta, Juara II Rp7,5 juta, Juara III Rp5 juta, Juara Harapan I Rp4 juta, Juara Harapan II Rp3 juta, Juara Harapan III Rp2 juta.

Sementara Anggota Dewan Juri adalah Afif Syakur (Paguyuban Sekar Jagad), Hanny Winotosastro (Batik Winotosastro), Djandjang Purwo Sedjati (Dosen ISI Yogyakarta), Lia Mustafa (Ketua APPMI Yogyakarta), Hendry Suprapto (Pengamat Batik), Dinas pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Balai Besar Litbang Kerajinan dan Batik.

Tri Karyadi Riyanto, mengatakan, Pemkot Yogyakarta melalui Dekranasda memang concern pada pendampingan kerajinan.

Ia menerangkan, untuk saat ini, Pemkot Yogyakarta fokus pada pendampingan UMKM dengan produk kerajinan (craft). Dalam berbagai kesempatan, produk-produk tersebut diikutsertakan pada pameran nasional.

“Ada lebih dari 22 ribu jumlah UMKM di Kota Yogyakarta. Sekira 70 persen dari jumlah tersebut bergerak di bidang kuliner. Kurang lebih 300-an UMKM memproduksi kerajinan. Dari data tersebut, tampak bahwa dinamika UMKM di Kota Yogyakarta sangatlah tinggi,” pungkasnya.

Source https://jogjadaily.com https://jogjadaily.com/2015/06/griya-umkm-bakal-pamerkan-20-besar-juara-lomba-desain-batik-khas-yogyakarta-2015/
Comments
Loading...