Gracia Asterina, Desainer Muda Gunakan Batik Dolly Sebagai Karyanya

0 36

Gracia Asterina, Desainer Muda Gunakan Batik Dolly Sebagai Karyanya

Pasca ditutupnya lokalisasi Dolly tiga tahun lalu, puluhan jenis usaha dan industri kreatif tumbuh di daerah ini. Berdasarkan catatan Pemkot Surabaya, terdapat beberapa usaha yang berkembang mulai dari usaha kecil pembuatan bumbu hingga kerajinan tangan seperti lukisan dan batik.

Salah satu usaha yang hingga kini kebanjiran pesanan adalah Rumah Batik Dolly. Bukan hanya untuk personal, pesanan dari pameran hingga fashion show pun berdatangan. Tidak kalah dengan batik-batik lainnya, batik Dolly ini mempunyai desain yang menawan.

Batik Dolly mempunyai dua motif yang khas yaitu motif jarak dan motif semanggi. Gracia Asterina, desainer dari busana ini mengaku bekerja sama dengan 3 pengrajin batik yang ada di eks lokalisasi dolly. Motif jarak sendiri terinspirasi dari daun jarak dan Jalan Jarak yang berada di kawasan eks lokalisasi dolly.

Sementara motif kupu-kupu ini melambangkan proses metamorfosis kawasan Dolly dimana dulunnya merupakan kawasan prostitusi. Berbeda dengan lainnya, busana ini lebih mononjolkan motif dari Tugu Pahlawan. Bisa dilihat dari model dan pemilihan warna merah menyala.

Dalam pembuatan busana ini, yang menjadi fokus utama sang desainer adalah motifnya bukan model pakaiannya. Gracia ingin menunjukkan bahwa batik tidak hanya bisa digunakan pada acara formal saja, melainkan acara semi formal dan casual pun masih bisa.

Ternyata, batik Dolly pun memiliki motif yang menawan dan gak kalah dengan batik lainnya. Jika kamu termasuk warga Surabaya, wajib bangga dan mendukung karya pengrajin lokal ini. Sama halnya seperti Gracia yang terlihat antusias dalam pengerjaan project ini.

Source https://www.idntimes.com/ https://www.idntimes.com/life/inspiration/rully-bunga/desainer-muda-ini-gunakan-batik-dolly-sebagai-karyanya-1/full
Comments
Loading...