Goresan Batik Basurek Dari Bengkulu, Motif Sakral Yang Terinspirasi Ayat Alquran

0 45

Batik Basurek

Salah satu warisan budaya yang pernah diklaim oleh negara tetangga kita adalah batik. Batik memang sudah menjadi warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi oleh UNESCO. Akan tetapi kesadaran untuk melestarikan warisan budaya ini semakin menipis. Salah satu batik yang terancam punah baik dalam hal model dan motif yang hilang adalah batik Basurek. Mungkin masih belum banyak yang tahu tentang batik ini, kebanyakan kamu sudah tahu dengan Batik Madura, Batik Solo, Pekalongan, Jogja atau jenis batik lainnya yang ada di pulau Jawa. Batik Basurek ini berasal dari pulau Sumatra lebih tepatnya di provinsi Bengkulu.

Batik Basurek, Batik bertuliskan kaligrafi yang terinspirasi dari ayat-ayat Alquran dan sudah ada sejak abad 16 lalu

Dahulu kala saat upacara adat, ada di beberapa kain batik ini memang bertuliskan huruf Arab dan syrat yang bisa dibaca. Tetapi, untuk sekarang ini sebagian besar hanya berupa hiasan mirip huruf Arab saja.

Dulu, Batik Basurek sebuah kain yang sangat sakral dan banyak yang mengandung potongan ayat suci Alquran. Sehingga tidak boleh digunakan sembarangan

Akibat banyak pengrajin batik yang gulung tikar dan tidak melestarikan lagi. Dampak terbesar saat itu, para pengrajin batik Basurek sudah banyak yang meninggal dan para penerus tidak ada yang bisa membuat motif unik dari Batik Basureksampai akhir sekitar tahun 1980-an. Gubernur Bengkulu saat itu menggalangkan kembali seni kerajinan Batik Basurek dengan melatih pengrajin batik dan membangkitkan motif lama yang sudah hilang.

Yang unik dari batik  Basurek ini memiliki warna yang cerah dan beragam, ditambah perpaduan motif dari alam yang memikat

Batik Basurek memiliki warna yang lebih cerah dan beragam. Dalam satu helai kain Batik Basurek terdapat banyak paduan motif didalamnya, misal motif kaligrafi dipadukan dengan bunga Raflesia ditambah kombinasi warna dan motif yang unik yang enak dilihat.

Untuk Terus menjaga Eksistensinya, mari kita terus jaga dan lestarikan. Jangan sampai ada lagi budaya kita yang diklaim negara tetangga ya!

Sampai sekarang batik Basurek sudah dipakai dan dikenal oleh semua orang dan semua kalangan. Bahkan batik Basurek pun sudah sering ditampilkan dalam berbagai acara secara nasional maupun internasional.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/goresan-batik-basurek-dari-bengkulu-motif-sakral-yang-terinspirasi-ayat-alquran
Comments
Loading...