Glamouritas Batik Indonesia Bermula Dari Keraton

0 21

Glamouritas Batik Indonesia Bermula Dari Keraton

Glamouritas di identikkan dengan kemewahan dan keanggunan. Begitu pula yang terjadi dengan glamouritas batik, lahir dari lingkungan keraton. Tumbuh dan besar dari nilai-nilai yang ada di dalam istana, hingga glamouritasnya bukan hanya berupa wujud, tetapi filosofisnya. Dinamika zaman terus bergulir. Perputarannya membawa banyak perubahan dan pergeseran pada budaya tradisi. Sebagian besarnya disesuaikan dengan tuntutan zaman. Ada yang berusaha mengefisienkan atau membuatnya menjadi praktis. Tetapi ruang untuk pribadi-pribadi yang mencintai tradisi, harus diberikan. Karena karya budaya tradisi memiliki dimensi berlapis yang melibatkan banyak segi kehidupan. Ini yang berusaha diungkap oleh Ketua Umum Paguyuban Catur Sagotra Nusantara K.P.H. Koesoemowinoto pada pengantar Wastra Adat Keraton Dalam Tradisi Pernikahan.

Pada perhelatan-perhelatan khusus dan istimewa keraton, batik telah hidup sebagai bagian utuh busana yang wajib dikenakan. Semisal pada pelantikan tahta baru raja, penyambutan tamu, upacara-upacara tradisi maupun spiritual, pernikahan, batik yang mulanya sebagai busana khas keraton, beradaptasi dengan perhelatan tersebut dan menjadi bernilai pada akhirnya. Karena asal-muasalnya pula akhirnya batik menjadi busana para petinggi atau bangsawan. Glamouritas-nya pun tumbuh seiring siapa penggunanya. Glamouritas batik bukan hanya terletak pada wujud, tetapi pula pada motif yang sarat makna filosofis.

Kepala Galeri Batik di Museum Tekstil Jakarta Tumbu Ramelan mengatakan batik glamour yang paling kentara adalah yang bermotif parang. Karena hanya boleh dikenakan hanya oleh raja. Sedangkan batik glamour dewasa ini olehnya dikatakan bisa muncul karena kemampuan fashion designer merancang batik sebagai busana glamour. Menelusuri glamouritas batik masa lalu paling banyak terpapar pada upacara pernikahan. Motif-motif unik sarat filosofis banyak dikenakan pada tiap prosesinya, baik oleh keluarga pengantin maupun si pengantin sendiri. Dan upacaranya sendiri menepati urutan kedua terbesar digelar selain upacara pelantikan raja. 

Source https://www.batiklopedia.com/ https://www.batiklopedia.com/glamouritas-batik-indonesia-bermula-dari-keraton/
Comments
Loading...