Ghea Panggabean, Desainer Batik Indonesia Yang Mendunia

0 39

Ghea Panggabean, Desainer Batik Indonesia Yang Mendunia

Popularitas batik semakin meningkat dari tahun ke tahun. Memakai baju batik Indonesia tidak lagi harus pada saat acara resmi saja. Dulunya, identitas batik memang melekat dengan hal-hal ‘kuno’ dan ketinggalan jaman. Tetapi seiring dengan meningkatnya popularitas batik, pandangan tersebut mulai hilang. Salah satu desainer yang mempopulerkan baju batik Indonesia dan menjadikannya sebuah tren fashion yaitu Ghea Sukasah Panggabean.

Ghea Sukasah Panggabean lahir pada tanggal 1 Maret 1955 di Rotterdam, Belanda. Sejak kecil, Ghea memiliki hobi menggambar. Ia mulai menekuni dunia fashion ketika ia melanjutkan pendidikan kuliahnya di Lucie Clayton College of Dress Making Fashion Design pada tahun 1976 hingga 1978.

Pada tahun 1979, Ghea diterima di sebuah institusi pendidikan bernama Chelsea Academy of Fashion, London. Setelah cukup lama menyerap pengetahuan dalam dunia fashion, Ghea mulai merintis kariernya sebagai designer muda. Dalam setiap peragaan busana, Ghea gemar menggunakan motif kain tradisional dan baju batik Indonesia.

Salah satu karyanya yang mencuri perhatian adalah ketika ia menggunakan motif jumputan Palembang dan Jawa. Kecintaannya terhadap Tanah Air mendorongnya untuk memodernisasikan tekstil nusantara dalam konteks busana keseharian yang lebih mudah dikenakan oleh wanita.

Karakteristik karya Ghea cenderung berbahan beludru, motif jumputan dan aksesoris antik. Ghea selalu menyisipkan tata rias dramatis dan  kacamata hitam yang mengingatkan penggemarnya bahwa meski telah berkaya selama tiga dekade. Ghea tetap selalu memberikan elemen fun dalam setiap fashion show-nya.

Source https://www.dbs.com/id/index-id/default.page https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-awesome/desainer-baju-batik-indonesia-yang-telah-mendunia.page
Comments
Loading...