Gerai Mirey, Hadirkan Batik Tulis Khas Lampung

0 11

Gerai Mirey, Hadirkan Batik Tulis Khas Lampung

Satu lagi, lahir ekonomi kreatif di tengah kelimbungan perekonomian negeri ini. Melalui, Batik tulis khas Lampung yang dilakukan ibu-ibu di Kecamatan Natar menjawab rasa optimisme masyarakat untuk menghasilkan alternatif pendapatan sekaligus meningkatkan nilai budaya.

Gerai Mirey, berlokasi di Dusun 4, Desa Bumisari saat ini mulai merangkak ke level bisnis fashion nasional dengan pemasaran sampai ke wilayah Jawa Tengah dan DIY Jogjakarta. Pemilik Gerai Mirey, Ibu Utami mengatakan, meskipun hasil produksi mereka telah ditunggu distributor dari tanah Jawa tersebut. Namun, hasrat tertinggi mereka adalah Batik Tulis hasil kerjan mereka bisa menjadi andalan Kabupaten Lampung Selatan dan menjadi salah satu ikon fashion daerah.

“Market yang pasti ditunggu distributor dari Magelang dan Jogja. Tapi kami maunya batik tulis ini menjadi andalan Lamsel. Dalam hal ini butuh peran pemerintah daerah, kalau bisa semua PNS di Lamsel pakai produk ini. Tinggal maunya motif apa, kami bisa produksi,” harapnya sembari tersenyum.

Utami melanjutkan, para pengrajin batik tulis khas Lampung itu merupakan ibu-ibu desa setempat dan remaja putri putus sekolah atau lulusan SMA yang tidak melanjutkan kuliah. “Sudah ada 15 pengrajin yang masuk kategori mampu produksi. Untuk yang masih belajar ada juga. Mentor membatik ini kami datangkan langsung dari Magelang, Jawa Tengah,” bebernya.

Untuk harga dan model, Utami memaparkan, satu helai kain Batik Tulis Khas Lampung dilabeli harga minimal Rp350 ribu sampai tak tertentu sesuai dengan tingkat kesulitan motif dan model. “Karena masih terbilang baru, yakni sejak 20 juli 2016, sementara kami masih produksi kain batik tulis. Namun, untuk model pakaian kami sudah siap produksi sesuai dengan order,” urainya.

Dia berharap, Bupati Lampung Selatan Hi. DR. Zainudin Hasan, M.Hum dan Dekranasda Lamsel bisa melirik salah satu opsi untuk meramaikan Ekonomi Kreatif yang mereka hadirkan tersebut. “Mudah-mudahan Pak Bupati bisa mendorong kami untuk bisa berkembang dan maju,” tandasnya.

Gerai Mirey juga rupanya masuk dalam daftar ekonomi kreatif binaan DPC Hipmikindo Lampung Selatan. “Ini menjadi binaan kami dalam rangka pemberdayaan ekonomi perempuan. Saat ini peran kami memfasilitasi modal, pasar dan tutor. Ke depan, kami akan berupaya di tiap Kecamatan bisa terdapat tenaga-tenaga ahli membatik tulis,” ujar Ketua DPC Hipmikindo Lamsel Raymon AR.

Source https://www.radarlamsel.com https://www.radarlamsel.com/gerai-mirey-hadirkan-batik-tulis-khas-lampung/
Comments
Loading...