Gerai Batik Mbako

0 199

Gerai Batik Mbako

Gerai Batik Mbako milik Bapak Iman Nugroho yang terletak di Jalan Brigjend Katamso nomor 4 Lingkungan Suronatan Kelurahan Temanggung II Kecamatan Temanggung. Atau tepat berada di samping Pendopo Pengayoman serta dekat dengan Alun-alun. Di sini dapat menemui beragam jenis batik. Mulai dari baju sarimbit, kemeja pria, gamis, blues, dress, bahkan selendang berbahan dasar kain katun hingga sutera. Menurut Iman Nugroho, motif motif batik yang dihadirkan oleh gerai ini memang mengambil tema seluruh kekayaan alam khas bumi Temanggung.

Mulai dari batik bermotif daun tembakau, srintil, keranjang, matahari, kopi, hingga Gunung Sumbing dan Sindoro. Total ada sekitar 50 motif yang dapat dipilih. Batik adalah kekayaan budaya luhur bangsa Indonesia. Kita sengaja menghadirkan mbako atau tembakau sebagai tema dasar batik ini. Harapannya, Temanggung memiliki sebuah identitas khas yang tidak dapat disamai oleh daerah lain.

Untuk masalah warna, batik ini memiliki ciri khas kombinasi yang mencolok. Hal ini dikarenakan saat proses produksi, Iman menggunakan dua bahan warna dasar dan metode berbeda. Ada pewarna sintetis kimia, ada pula yang menggunakan pewarna alami yang dihasilkan dari ekstrak kulit nangka, kayu secang, kayu jatilawe, daun teh, dan kulit rambutan.

Teknik pewarnaannya pun terbagi atas tulis dan cap. Tentu, batik dengan bahan alami memiliki harga yang lebih mahal dari batik memakai pewarna kimia. “Ide awal menggunakan bahan alami sebagai pewarna adalah saat tahun 2006 harga tembakau anjlok dan banyak yang dibuang. Dari situ kita coba manfaatkan, ternyata berhasil. Agar warna tidak luntur, kita gunakan bahan campuran yang bernama natrium silikat atau water glass,” kata Bapak Imam.

Gerai ini membanderol batik tulis dengan harga mulai Rp. 1 hingga Rp. 2 juta per potongnya. Sedangkan untuk yang menggunakan pewarna kimia metode cap, hanya berkisar Rp. 150 hingga Rp. 200 ribu saja. Terjangkau bukan jika kita melihat proses pembuatan yang cukup rumit. Dalam sebulan, gerai ini mampu memproduksi sekitar 400 potong batik yang didistribusikan ke seluruh Jawa Tengah hingga luar negeri. Antara lain Amerika Serikat, Jepang, Thailand, dan Swis.

Source https://jateng.merdeka.com/ https://jateng.merdeka.com/ukm/simak-keunggulan-batik-temanggung-ini-170402f.html
Comments
Loading...