Gerabah Jadi Motif Batik Khas Purwakarta

0 163

Gerabah Jadi Motif Batik Khas Purwakarta

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Purwakarta sudah mulai mengembangkan Batik Tradisional khas Purwakarta, sebagai cara untuk pengembangan tradisi membatik di kota ini. 

“Kami sudah membuat 10 fortofolio Batik khas Purwakarta yang saat ini sedang dikembangkan,” ujar Ketua Dekranasda Purwakarta Anne Ratna Mustika. Ibu Anne juga mengatakan Purwakarta sejak lama sudah memiliki batik khas tersendiri.

Salah satunya, Motif Gerabah sebagai representasi dari daerah penghasil gerabah yakni di Kecamatan Plered. Di Galeri Menong, beliau mengaku kaget karena ada batik corak gerabah. Motif Batrik Gerabah ternyata sudah ada sejak 50 tahun yang lalu dan dari pihak Dekranasda mendapatkan Motif Batik ini dari kolektor batik. Setelah tahu tentang motif ini pihak Dekranasda mulai fokus untuk dapat mengembangkan Motif Batik Gerabah ini.

Adapun motif lainnya, berupa Motif Pemandangan Alam yang terhampar di Purwakarta, seperti Gunung Burangrang hingga Gunung Parang, yang juga akan jadi motif batik khas Purwakarta. “Sekarang ini kan masing-masing daerah di Purwakarta berlomba membuat motif batik khas daerahnya masing-masing. Purwakarta juga memiliki motif khas sendiri. Sebagai daerah yang saat ini kunjungan wisatawannya tinggi, tentu kami harus mengembangkan motif batik khas sendiri,” ujar istri dari Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ini. Pada kesempatan itu, juga digelar proses pembuatan batik motif batik gerabah lewat proses canting maupun lewat stemple. Umumnya, motif batik gerabah ini memadukan unsur bunga dan gerabah itu sendiri.

Source Gerabah Jadi Motif Batik Khas Purwakarta Batik
Comments
Loading...