Genjot Produksi Batik Warna Alami Sleman

0 33

Genjot Produksi Batik Warna Alami Sleman

Pemkab Sleman bekerja sama dengan penggiat batik terus mendorong pemakaian warna alami pada batik. Meski butuh waktu lebih lama dalam pengolahan, batik warna alami lebih unggul dibanding sintetis. Selain lebih ramah lingkungan, bahan baku pewarna alami banyak tersedia di wilayah Sleman. “Ini bisa menjadi identitas di Sleman. Mengembangkan batik khas Sleman dengan pewarna alami,” kata  Ketua Asosiasi Batik Mukti Manunggal Sleman Asikhah Eko Putranti. Warna alami tergolong unik. Alasannya, warna-warni itu diperoleh dari bahan-bahan seperti serat kayu, daun, buah, dan bunga. Dengan begitu, warna yang dihasilkan tak terlalu tajam seperti pewarna kimia. Jenis ini justru menjadi keindahan dalam dunia batik. Sekaligus kampaye peduli lingkungan karena limbahnya tak merusak alam.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pustopo berupaya menyebarluaskan pentingnya pewarna alami. Apalagi, penggerak sektor bisnis ini sebagian besar adalah ibu-ibu rumah tangga. Sehingga mampu memberdayakan ekonomi keluarga. Agar bisnis batik warna alami bisa bersaing di pasar bebas, Pustopo mendorong terbentuknya asosiasi berbadan hukum. Selain bisa lebih serius dalam penggarapannya, pemerintah bisa terlibat dalam pengucuran bantuan modal. Termasuk pendampingan manajemen, sekaligus penjualnnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sudarningsih memandang batik warna alami dari sudut pandang berbeda. Produk ini bisa jadi oleh-oleh khas Sleman. Karena itu perlu pemanfaatan teknologi dalam promosi mandiri. Bagi Sudarningsih, batik warna alami menjadi pelengkap potensi wisata Sleman. Terlebih, jika semua bahan baku batik yang digunakan benar-benar lokal dari Bumi Sembada.

Source https://www.radarjogja.co.id/ https://www.radarjogja.co.id/genjot-produksi-batik-warna-alami-sleman/
Comments
Loading...