Gemulai Model Cantik Berbusana Batik Pukau Warga Banyumas

0 10

Gemulai Model Cantik Berbusana Batik Pukau Warga Banyumas

Puluhan model cantik berbusana batik berlenggak-lenggok di Alun-Alun Purwokerto yang disulap menjadi semacam Catwalk sekaligus altar tari. Musik khas Banyumasan dan penari tradisional mengiringi langkah mereka yang gemulai.

Selasa, 2 September 2018, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas menggelar kirab batik Banyumasan di Alun-alun Purwokerto bersamaan dengan hari batik nasional. Kirab batik kali ini, Pemkab mengusung tema ‘Semarak Batik Banyumas’. Kirab ini adalah pegelaran yang ketiga.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas Wisnu Jatmiko mengatakan, kirab batik diikuti 104 peserta yang dibagi dalam tiga kategori. Kategori A yang terdiri dari dinas, intansi, OPD, SKPD, dan kecamatan di Kabupaten Banyumas.

Kategori B terdiri dari BUMN, BUMD, para pelaku usaha batik, dan umum. Adapun kategori C terdiri dari pelajar sekolah menengah pertama dan atas se-Kabupaten Banyumas. Selain itu ada enam kelompok yang berasal dari PKK, Pramuka dan pengrajin batik Banyumasan.

Peserta kirab diberangkatkan oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein dari Alun-alun Purwokerto. Dari atas panggung, bupati bersama pejabat Pemkab Banyumas menyaksikan parade busana batik. Para peserta menampilkan berbagai peragaan, formasi jalan atau pun yel yel di depan panggung kehormatan. Keindahan dan kemeriahan peragaan busana batik ini mampu membuat penonton terpukau dan memberi aplaus meriah.

Di sepanjang jalan, ribuan warga yang sebagian besarnya pelajar berjejer menyaksikan kirab batik ini. Uniknya, mereka pun mengenakan batik. Di antara penonton terdapat wisatawan asing yang ikut menyaksikan warna-warni batik Banyumasan.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/regional/read/3657918/gemulai-model-cantik-berbusana-batik-pukau-warga-banyumas?source=search
Comments
Loading...