Gemerlap Solo Batik Carnival 2017

0 68

Gemerlap Solo Batik Carnival 2017

Acara tahunan Solo Batik Carnival (SBC) kembali digelar pada Jumat-Minggu, 14-16 Juli mendatang. Salah astu ikon kalender wisata di Indonesia ini akan menghadirkan lebih dari 300 kreasi beraneka kostum karnaval.

Ketua yayasan SBC, Susanto menerangkan penyelenggaraan parade kostum karnaval yang menginjak tahun ke 10 ini mengangkat tema “Astamurti Kawijayan”. tema ini memiliki makna sebagai simbol kejayaan tradisi budaya Jawa berupa karya seni yang berasal dari nenek moyang tanah Jawa. Sehingga SBC yang tak bisa dilepaskan dari Solo sebagai kota batik juga menjadi semakin terkenal.

Sebanyak 235 peserta SBC 2017 merupakan hasil proses 12 kali workshop kostum dan koreografi sejak 21 Mei lalu. Pasalnya misi utama SBC ialah menggali kreatifitas masyarakat agar mrnjadi desainer busana carnival dengan memanfaatkan batik dan pemakaian bahan daur ulang.

Dijelaskan, Sekar Jagad dipilih untuk mewakili kostum anak- anak. Kemudian karya Topeng mengangkat kisah cerita Panji yang mewakili karakter suci, dan Klana sebagai watak angkara murka. Sedangkan sub tema legenda mengangkat sosok Ratu Pantai Selatan dengan dominasi kostum warna hijau.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/gemerlap-solo-batik-carnival-2017
Comments
Loading...