Geliat Batik Alam Khas Banyuwangi, Pengrajin Kurang Tapi Batik Banyuwangi Banyak Diburu

0 66

Geliat Batik Alam Khas Banyuwangi, Pengrajin Kurang Tapi Batik Banyuwangi Banyak Diburu

Motif batik khas Banyuwangi banyak diburu pembeli dan kolektor dari berbagai tempat, sampai-sampai jumlah pengrajin kekurangan. Pemerintah Banyuwangi terus mendorong masyarakat untuk menjadi pengrajin batik. Seiring berkembangnya pariwisata Banyuwangi membuat permintaan batik terus meningkat.

Itulah yang membuat Banyuwangi gencar memberikan pelatihan-pelatihan membatik. Dengan pelatihan untuk pewarna alami batik bisa memutus mata rantai kebutuhan bahan pokok pewarna batik. Ini bukti konkret kami untuk industri batik Banyuwangi. Banyak transformasi-transformasi baru yang didapat. Bisa dilihat ada batik bermotif manggis, dan hal-hal baru di dunia batik.

Pengrajin-pengrajin batik yang mendapat pelatihan ini nantinya akan menjadi virus yang menyebar ke seluruh pengrajin batik di Banyuwangi. Mereka akan ditugaskan untuk menularkan ilmunya. Dengan demikian nantinya akan muncul batik perwarna alami yang berkualitas, dengan harga yang lebih murah.

Anas mengatakan pelatihan yang memadukan antara desainer nasional dan para perajin lokal dilakukan secara berkala dalam rangkaian menuju Banyuwangi Batik Festival (BBF) dan Swarna Fest yang akan mendatang.

BBF adalah agenda tahunan Banyuwangi untuk mendorong geliat industri batik. Adapun Swarna Fest adalah ajang unjuk kreasi industri tekstil berpewarna alam yang digagas oleh Kementerian Perindustrian. Pemerintah  terus mendorong kinerja para perajin batik. Dampak ekonominya langsung ke UMKM dan perajin. Misalnya, makin banyak wisatawan yang bawa pulang oleh-oleh batik.

Dengan batik pewarna alam, para perajin bisa lebih untung karena harganya relatif bisa lebih tinggi lantaran cukup diminati oleh segmen konsumen tertentu. Ada pasar khusus yang berminat dengan produk seperti ini, sekaligus ini juga memotong mata rantai distribusi kain, pewarna kimia dan pewarna alam yang sebelumnya mereka beli dari daerah lain. Apalagi Banyuwangi telah memiliki banyuwangi-mall.com yang merupakan situs belanja online untuk UMKM, sehingga pemasaran-pemasaran produk UMKM lebih luas.

Source http://www.tribunnews.com/ http://www.tribunnews.com/regional/2016/08/25/geliat-batik-alam-khas-banyuwangi-3-pengrajin-kurang-tapi-batik-banyuwangi-banyak-diburu?page=2
Comments
Loading...