Gelar Batik Sleman dari Masa ke Masa

0 188

Gelar Batik Sleman dari Masa ke Masa

Batik Indonesia berbeda dengan batik dari Negara lain. Bukan hanya sekedar menampilkan sisi estetika namun batik Indonesia memiliki pesan moral yang mendalam. Untuk dapat mengangkat keindahan Batik Indonesia Paguyuban Pecinta Batik Indonesia (PPBI) Sekar Jagad, menampilkan pameran, bazaar dan peragaan batik dari masa ke masa bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Peragaan batik dari masa ke masa sengaja ditampilkan untuk mengenalkan aneka ragam motif batik yang dimiliki oleh negara Indonesia kepada para tamu undangan.

Peragaan batik berjalan ini diawali dengan Motif Parang. Motif Parang merupakan Motif Klasik yang banyak dikenal oleh masyarakat. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa motif parang memiliki banyak macam antara lain Parang Barong Ceplok Gurdo, Parang Rusak atau Parang Gendreh, Parang Parikesit dan Parangkusumo. Selain Motif Parang ditampilkan pula batik dengan Motif Satwa antaralain Motif Gajah Ulur, Selendang Celeng Kewengen dan Laler Mengeng yang merupakan batik yang berasal dari Kebumen. Selanjutnya untuk ragam Motif Semen ditampilkan Motif Semen Romo Latar Pethak, Semen Romo Gaya Purworejo dan Semen Ageng Sawat Gurdo.

Kelompok Batik Motif Kawung ditampilkan Kawung Prabu Ceplok Gurdo, Kawung Bagong, Kawung Picis Ceplok Sudhoro Werti, Kreasi Kawung Indonesia dan Kreasi Kawung Seling Parang Gondosuli. Ditampilkan juga motif batik kelompok gringsing, diantaranya Gringsing Ceplok Sudhoro Werti, Parang Klitihik Seling Gringsing, Gringsing Buron Toya, Kotak Wayang Gringsring dan Sirikit.

Batik Motif Klasik tersebut hingga kini masih terus dilestarikan meski perkembangan batik terus berjalan. Bahkan masing-masing daerah di Yogyakarta saat ini pun telah memiliki batik khas sebagai ikon daerahnya. Salah satunya adalah Kabupaten Sleman yang memiliki ikon batik dengan Motif Parijotho. Aneka ragam motif parijotho antaralain Motif Parijotho Salak, Sinom Parijotho Salak, Gajah, Welut, Salak, dan ditampilkan juga Motif Parijotho Klasik Kraton yang sudah berusaha ratusan tahun. Motif Parijotho khas Kabupaten Sleman merupakan bukti bahwa batik mengalami perkembangan sesuai dengan dinamika jaman.

Source Gelar Batik Sleman dari Masa ke Masa Batik
Comments
Loading...