Gebyar Batik Sleman 2018, Upaya Pertahankan Predikat Kota Batik Dunia

0 104

Gebyar Batik Sleman 2018, Upaya Pertahankan Predikat Kota Batik Dunia

Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY dan Kabupaten Sleman menggelar Gebyar Batik Sleman 2018. Acara rencananya akan digelar pada 24-26 Agustus 2018 bertempat di Pawon Semar, Hotel Alana, Sleman DIY. Kegiatan ini sebagai upaya mempertahankan predikat sebagai Kota Batik Dunia, sekaligus menjadi rangkaian perayaan Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2018 yang akan diselenggarakan pada Oktober 2018 mendatang. 

Tri Endah Yitnani Selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman menuturkan, kegiatan ini akan menyuguhkan sekira 50 pengrajin batik yang ada di Kabupaten Sleman. Batik Khas Sleman, Batik Parijoto juga akan kita tampilkan dalam Gebyar batik ini. Tema yang diangkat dalam gelaran Gebyar Batik Sleman 2018 ini yaitu ‘Innovative for Suistanable Future’ yang menitikberatkan pada inovasi terhadap produk batik, khususnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain menampilkan deretan batik dengan corak khas DIY dan Sleman, Gebyar Batik Sleman 2018 juga akan memberikan edukasi kepada anak-anak hingga orang dewasa mengenai batik yang sesungguhnya. Ada sederet rangkaian yang telah disiapkan untuk memeriahkan Gebyar Batik Sleman 2018 kali ini. Di antaranya yakni Bazar dan Pameran Batik yang rencananya akan dimeriahkan oleh 75 stand UMKM di wilayah DIY dan Sleman.

Adapula Fashion Show Batik yang dilakukan oleh produk UMKM maupun produk desainer ternama Yogyakarta. Gerakan Ayo Membatik, talkshow Interaktif mengenai batik serta adapula lomba desain busana batik Sleman yang akan diperebutkan oleh 18 finalis yang telah terpilih dari siswa SMA/K dan Mahasiswa universitas di wilayahnya. “Lewat kegiatan membatik bersama ini diharapkan mulai dari anak usia dini sudah dikenalkan dan mengetahui batik itu seperti apa, prosesnya bagaimana serta nilai-nilai budaya dalam batik yang terkandung itu,” katanya.

Rencananya, pembukaan Gebyar Batik Sleman 2018 akan dibuka pada Jumat (24/8/2018) dengan dihadiri langsung oleh Ketua Dekranasda DIY, GKR Hemas, Bupati Sleman dan para Walikota/Bupati se-DIY, ketua Dekranasda Sleman dan seluruh Kab/Kota di DIY, serta kepala SKPD terkait di DIY.

Source http://jogja.tribunnews.com/ http://jogja.tribunnews.com/2018/08/20/gebyar-batik-sleman-2018-upaya-pertahankan-predikat-kota-batik-dunia
Comments
Loading...