Gebyar Batik Purworejo

0 194

Gebyar Batik Purworejo

Dalam upaya untuk memperkenalkan batik khas Purworejo, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Purworejo, menggelar Gebyar Batik Khas Purworejo 2012, pada hari Rabu 6 Juni 2012. Kegiatan yang diselenggarakan di pendapa rumah dinas bupati itu, dibuka Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg.

Bupati Purworejo mengungkapkan bahwa Purworejo sebenarnya memiliki banyak potensi yang masih terpendam, termasuk kerajinan batik yang khas Purworejo. Untuk mendukung potensi batik ini, Bupati mengeluarkan kebijakan bagi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo, untuk mengenakan pakaian batik pada hari  Jumat dan Sabtu, serta lurik pada hari Kamis. Kebijakan ini sebagai langkah awal untuk menggali potensi kerajinan batik khas Purworejo, yang selama ini belum banyak dikenal.

Dengan kebijakan ini, maka kebutuhan Batik Purworejo akan semakin banyak. Sehingga sangat potensial untuk dikembangkan, sekaligus mengangkat kesejahteraan para pengrajin. Hanya saja, kebijakan ini perlu didukung oleh koperasi, pedagang dan pengrajin itu sendiri. Sebab jika tidak, maka perkembangan batik juga akan sulit. “Karena itu saya juga minta kepada toko pakaian, koperasi dan lainnya untuk menjual kain atau pakaian batik khas Purworejo,” kata Bupati. Jika semua komponen bisa saling kerjasama, batik khas Purworejo akan mengemuka. Termasuk melalui kegiatan gebyar batik, yang diharapkan juga dapat mengenalkan batik khas Purworejo kepada masyarakat.

Source http://purworejokab.go.id/ http://purworejokab.go.id/news/serba-serbi/1617-gebyar-batik-purworejo-kenalkan-batik-lokal
Comments
Loading...