Gambir Diusulkan Jadi Pewarna Alami Batik dan Tenun

0 46

Gambir Diusulkan Jadi Pewarna Alami Batik dan Tenun

Industri kecil dan menengah (IKM) tekstil didorong untuk memanfaatkan buah gambir sebagai pewarna alami. Ini bisa di antaranya dilakukan pada kain batik dan tenun. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Haris Munandar pada acara Desiminasi Hasil Litbang Tahun 2016, dari hasil pengujian, pewarna alami gambir menujukkan corak khas warna yang menarik dan tahan luntur.

“Pewarnaan alami gambir secara teknologi, ekonomi, sosial, dan lingkungan sangat layak diterapkan dalam skala komersial pada IKM tekstil,” kata, Haris. Keunggulan kain yang dihasilkan dengan pewarna alam gambir bila dibandingkan dengan pewarna sintetis adalah warnanya yang. khas, unik, dan punya daya tarik tersendiri sehingga memberi kesan eksklusif bagi yang memakainya.

Kualitas bahan yang dihasilkan juga cukup baik yang dapat dilihat dari uji ketahanan luntur warnanya. Pemanfaatan gambir sebagai pewarna alam pada batik dan tenun merupakan prospek yang bagus untuk dikembangkan. Warna yang dihasilkan ke arah kecokelatan dengan ketuaan warna yang berbeda-beda tergantung jenis mordan atau pengikat warna yang digunakan.

Pemanfaatan gambir sebagai pewarna alam untuk produk tekstil merupakan salah satu alternatif untuk substitusi bahan pewarna sintetis yang selama ini masih impor. Pemanfaatan itu juga mampu meningkatkan nilai tambah buah gambir itu sendiri dan kesejahteraan petaninya. Sumatera Barat merupakan sentra produksi gambir di Indonesia dan memasok komoditas ini ke pasar dunia mencapai sekitar 80%. Setiap tahun, produksi gambir dari provinsi Sumatera Barat menembus angka 17 ribu ton.

Source http://poskotanews.com/ http://poskotanews.com/2016/02/28/gambir-diusulkan-jadi-pewarna-alami-batik-dan-tenun/
Comments
Loading...