Galeri Batik Jawa Pamerkan Koleksi Batik Tiga Generasi

0 61

Galeri Batik Jawa Pamerkan Koleksi Batik Tiga Generasi

Ada sebanyak lebih dari 300 kain batik dengan berbagai motif, Selasa (27/11) dipamerkan di Galeri Batik Jawa, sebuah galeri yang pada hari yang sama resmi dibuka sebagai tempat memamerkan koleksi batik keluarga besar Suliantoro Sulaiman. Beragam motif batik dipamerkan diacara pembukaan galeri yang beralamat di Jl. AM Sangaji 72 Yogyakarta ini. Acara pembukaan ini merupakan rangkaian program pembukaan kembali Mustokoweni – the Heritage Hotel setelah beberapa waktu direnovasi untuk ditingkatkan fasilitas hotel dan pelayanannya. Pembukaan kembali hotel yang dimanfaatkan sebagai ruang seni ini merupakan revitalisasi dari semangat pendiri Hotel Mustokoweni, almarhumah Ibu Oemi Salamah Prawironegoro (1902-1977), musisi dan ahli mode dari Yogyakarta.

Di dalam pameran tersebut dipamerkan beragam batik koleksi Keluarga Besar Suliantoro Sulaiman dengan motif antara lain Sekarjagad, Tambal, Pisan Bali, Bokor Kencono, Parang, Latar Gringsing, dll. Yang menarik dari koleksi yang dikumpulkan bertahun-tahun tersebut adalah, selain keindahan motif dan detil pembatikan, ekspresi dari masing-masing daerah pembatikan memiliki ciri tersendiri. Koleksi batik pada tersebut berasal dari 24 daerah di Jawa yakni Yogyakarta, Imogiri, Bantul, Gunung Kidul, Bayat-Klaten, Solo, Sragen, Wonogiri, Purworejo, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara-Sokarajas, Tegal, Brebes, Pekalongan, Batang, Semarang, Tulungagung, Pati, Lasem, Tuban, Cirebon, Indramayu, dan Garut.

Pameran yang akan dibuka untuk umum pada 28 November – 8 Desember 2007 ini merupakan pamseran batik koleksi tiga generasi, yakni generasi Oemi Salamah Prawironegoro, Suliantoro Sulaiman, dan Sita Adishakti (generasi ketiga). “Ini merupakan pameran batik koleksi tiga generasi yakni generasi Oemi Salamah Prawironegoro, Suliantoro Sulaiman, dan saya (Sita Adishakti-red). Koleksi yang dipamerkan sekitar 300 lebih, dimana koleksi tertua adalah motif Parangkusumo yang dibuat sekitar tahun 1800-an,” papar Sita Adishakti, pengelola Galeri Batik Jawa. Galeri ini, oleh Suliantoro Sulaiman diharapkan berguna bagi semua orang yang menyukai batik disamping mampu melestarikan seni budaya Jawa serta menjadikan kawasan Kali Code sebagai kawasan wisata.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi DIY, Syahbenol Hasibuan sependapat dengan Suliantoro Sulaiman agar galeri ini dapat berguna bagi semua pihak khususnya bagi kelestarian seni budaya, perkembangan perdagangan dan pariwisata di Jogja. Semoga galeri ini bisa berguna bagi semua pihak, khususnya bagi kelestarian seni budaya, perkembangan perdagangan dan pariwisata di Jogja. Selain melestarikan batik sebagai salah satu produk seni budaya Jawa khususnya Jogja, Galeri Batik Jawa ini diharapkan juga mampu menarik wisatawan untuk menyaksikan berbagai koleksi batik dari abad ke-19 hingga abad sekarang.

Source https://gudeg.net/ https://gudeg.net/read/3432/galeri-batik-jawa-pamerkan-koleksi-batik-tiga-generasi.html
Comments
Loading...