Galeri Batik Bogor Tradisiku

0 40

Galeri Batik Bogor Tradisiku

Galeri Batik Bogor Tradisiku, adalah salah satu pusat di mana pengunjung dapat melihat dan memesan batik yang desainnya amat kental dengan nuansa Kota Bogor. Ragam desainnya pun rupa-rupa mulai dari motif hujan gerimis, kujang, Kebun Raya, Istana Bogor, dan Batu Tulis. “Pada dasarnya batik itu sama di mana-mana, kecuali desainnya, dan saya mencoba mengangkat ikon Kota Bogor sebagai corak desain kami,” ujar Samhudi Siswaya pemilik Galeri Batik Bogor Tradisiku. Dari semua desain, batik hujan gerimis serta kujang kijang merupakan yang paling banyak diminati. Kedua batik itu sangat mengandung ciri khas daerah ini. Pertama, mencirikan Bogor sebagai kota hujan, sedangkan yang kedua terinspirasi dari uncal yang banyak berkeliaran di sekitar Istana Presiden dan Kebun Raya, serta kujang yang merupakan senjata tradisional Jabar.

Mengenai batik sendiri, suatu bahan atau kemeja tidak dapat serta merta disebut batik hanya karena bahan dan desainnya, melainkan jika memenuhi tiga unsur, yakni dibuat menggunakan canting, memakai malam sebagai alat perintang, serta menggunakan teknik celup untuk mewarnainya. Jika tidak memenuhi ketiga unsur tersebut, maka itu bukan batik, melainkan tekstil bermotif batik. Oleh karena itu, batik di tempatnya dibuat secara manual, alias buatan tangan. Dengan kualitas olahan tangan tersebut, bahan batiknya dihargai dengan besaran antara Rp. 100.000 hingga Rp. 8 juta. Harga tersebut, bergantung juga pada pilihan bahan, tingkat kesulitan desain, serta jumlah warna. Untuk warna menggunakan pewarna naptol dan indigosol. Dengan kualitas pewarna yang dimiliki, dia menjamin warna dalam produknya tidak akan luntur, dan bahkan mengimbau jika sampai terjadi kelunturan warna, maka pembeli dapat mengembalikannya guna ditukar dengan yang baru.

Setiap bulannya, galeri batik miliknya dapat menjual sekitar 100 hingga 150 potong batik kepada pembeli lokal maupun internasional. Meskipun tidak banyak, ada juga pemesan dari luar negeri seperti Thailand, Jepang, Singapura, Tiongkok, Australia, dan Belanda. Oleh karena banyaknya permintaan, satu tahun semenjak berdiri pada 2008, Samhudi telah mengembangkan usahanya ke lembaga kursus dan pelatihan juga workshop.

Pelatihan di tempatnya tersebut, meliputi mulai dari cara mendesain hingga rampungnya batik.  Berbagai penghargaan telah diraih oleh Galeri Batik Bogor Tradisiku, mulai yang berasal dari wali kota, gubernur, hingga pusat. “Saat itu sekitar tahun 2015, ketika Wakil Presiden memberi Penghargaan Industri Hijau kepada kami,” kenangnya menutup pembicaraan. Galeri Batik Bogor Tradisiku dapat ditemukan di Jl. Julang No. 2, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Source http://ayobandung.com/ http://ayobandung.com/read/20170113/63/15102/galeri-batik-bogor-tradisiku-mengusung-ikon-kota-bogor-sebagai-desain-batik
Comments
Loading...