Gajah Oling, Makna Mendalam Batik Khas Banyuwangi

0 749

Gajah Oling, Makna Mendalam Batik Khas Banyuwangi

Sebuah event wisata besar yang hingga kini masih rutin diadakan di Banyuwangi adalah balap sepeda Tour de Banyuwangi Ijen. Menariknya, ajang yang tahun ini diadakan tidak hanya menjadi ajang bagi atlet sepeda untuk adu kuat dan strategi menaklukkan kelokan-kelokan curam di Gunung Ijen Jawa Timur, tetapi juga sebagai ajang untuk mempromosikan budaya dan produk kerajinan masyarakat.

Tujuannya kan memang seperti itu. Ajang ini juga sekaligus untuk memajukan UMKM supaya lebih maju. Segala sesuatu kalau bisa dikemas dengan baik, tentunya hasilnya akan sangat membanggakan. Maka tak heran jika di seputar panggung tempat penyerahan hadiah olahraga, selain diisi dengan berbagai pentas tari-tarian khas Banyuwangi seperti tari Gandrung, ada juga pameran berbagai produk kerajinan khas Banyuwangi. Salah satunya adalah batik.

Tatsaka misalnya adalah produk batik yang mengklaim diri sebagai produsen batik khas Banyuwangi. Di antaranya adalah batik Tatsaka, Nozzah Batik dan Salsa Batik. Batik Banyuwangi itu ciri khasnya ada di pewarnaan yang cerah.

Warna dasar batik khas Banyuwangi adalah merah, kuning dan hitam. Meski kini warna-warna itu semakin luas hingga ke warna-warna cerah lainnya. “Cuma memang kalau yang jenisnya batik tulis warnanya sedikit turun akhirnya,” kata Nungki menjelaskan bahwa batik Banyuwangi bisa dibuat dengan tulis, cap dan print, di atas kain katun dan sutra.

Ciri khas kedua yang ‘wajib’ ada pada batik Banyuwangi adalah motif Gajah Oling. Ini memang seperti ikon khas Banyuwangi. Bentuknya seperti tanda tanya. Jadi kalau dipakai bagian tanda tanya harus berada di bagian atas. Gajah oling filofosinya diambil dari gajah karena inilah bentuk hewan yang paling besar. Sementara oling dalam bahasa Osing berarti mengingat atau eling. Jadi gajah oling berarti, kita wajib untuk selalu mengingat yang Maha Besar.

Source https://www.cnnindonesia.com/ https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150508134213-277-52066/gajah-oling-makna-mendalam-batik-khas-banyuwangi
Comments
Loading...