Gagasan Membuat Batik Bogor

0 30

Gagasan Membuat Batik Bogor

Gagasannya untuk dapat membuat Batik Bogor yang mengambil ikon-ikon khas Kota Bogor ini bertujuan untuk melestarikan budaya batik dan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat Bogor terhadap Batik Bogor serta membawa nama harum Kota Bogor ke seluruh penjuru Nusantara hingga ke dunia internasional.

Ada alasan utama mengapa Siswaya mendirikan Batik Bogor, yaitu:

  • Sebagai bentuk kecintaannya kepada Kota Bogor yang telah memberikannya warna kehidupan selama 26 tahun.
  • Jiwa sosialnya yang tinggi membuatnya ingin membantu para pembatik Yogya yang kehilangan pekerjaannya karena gempa Yogya 2006 silam.
  • Mereka diboyong ke Bogor untuk membatik, namun batiknya sudah bermotif Bogor, bukan bercorak Yogyakarta. Seiring perjalanan waktu, mulai dilakukan pembinaan warga Kota Bogor sebagai pembatik.
  • Rasa tidak terima jika Batik diklaim milik negara selain Indonesia, karena seyogyanya Batik memang khasanah budaya bangsa Indonesia yang telah turun temurun diwariskan nenek moyang bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Ia ingin melestarikan budaya tak benda yang akhirnya telah diakui UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Di tengah harapannya, maka hadirlah Batik Bogor dengan mengusung kekhasan Kota Bogor dan membawa doa agar Batik Bogor dapat menjadi tradisi.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com/ https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2014/01/07/batik-bogor/
Comments
Loading...