Fungsi Batik Gringsing Kebumen

0 266

Fungsi Batik Gringsing Kebumen

Penggunaan batik Gringsing Kebumen baik Batik Gringsing Ceplok Putih Hitam Putih kekuningan cokelat tembaga, Batik Gringsing Klungsu Kebumen dan Batik Gringsing Sisik Melik Kebumen dari sebelum abad ke 20 dan setelah abad ke 2 penggunaanya hampir sama. Penggunaanya tidak terbatas pada aturan dapat digunakan sebagai kain sandang yang digunakan untuk acara hajatan, pesta dan lain sebagainya. Karena kain batik di Kebumen yang penggunaanya tidak memiliki aturan yang spesifik hal tersebut berbeda dengan penggunaan kain batik motif tertentu di berbagai daerah.

Sebelum abad ke-20 Kain Gringsing lebih sering digunakan untuk acara mitoni (peringatan 7 bulan kehamilan) yang digunakan oleh ibu yang sedang hamil, untuk menggendong bayi saat bayi lahir sebagai selendang, dan juga untuk tedak siten namun seiring perkembangan zaman hal tersebut mulai berubah kebanyakan masyarakat Kebumen tidak melaksanakan mitoni (peringatan 7 bulan kehamilan) dan tidak menggunakan kain panjang untuk menggendong bayi. Di Kebumen sendiri tidak adanya larangan menggunakan kain Batik Gringsing Kebumen sehingga penggunaan kain Batik Gringsing Kebumen tidak terbatas.

Penggunaanya pun bisa digunakan untuk pria maupun wanita, baik tua, muda dan balita sebagai pakaian (kain panjang). Perkembanganya setelah abad ke-20 Batik Gringsing Kebumen banyak digunakan untuk berbagai hal, tidak hanya terbatas untuk pakaian seharihari tetapi juga untuk seragam kantor, dekorasi interior. Batik Gringsing Klungsu merupakan batik yang sampai saat ini masih dibuat dan sering digunakan untuk seragam kantor dan juga dekorasi interior.

Source Fungsi Batik Gringsing Kebumen Batik
Comments
Loading...