Fine Art Batik Magelang Motifnya Diambil dari Relief Borobudur

0 201

Fine Art Batik Magelang Motifnya Diambil dari Relief Borobudur

Candi Borobudur dan relief di dalamnya menjadi salah satu magnet yang dapat menginspirasi para pembatik untuk menghasilkan karya mereka. Seperti yang dilakukan oleh Tingal Laras House of Batik di Dusun Tingal Kulon, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. “Salah satu relief di Candi Borobudur, yakni berupa kapal tradisional yang sangat indah dan mengagumkan, menginspirasi kami untuk menjadikan gambar tersebut menjadi motif dalam kain batik,” ujar pemilik Tingal Laras House of Batik, Kukuh Tirta S.

Relief tersebut menggambarkan kapal layar bercadik ganda yang terbuat dari kayu dari abad ke-8 di Nusantara. Jenis perahu itu kemungkinan besar sama dengan yang digunakan Dinasti Syailendra dan Kemaharajaan Bahari Sriwijaya yang menguasai perairan Nusantara pada kurun abad ke – 7 hingga ke-13. Batik bermotif eksklusif tersebut, menurut Kukuh, juga mengisahkan tentang kejayaan Bangsa Indonesia. Motif batik dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menggambarkan nilai sejarah, edukasi, moral, religi, seni dan budaya. Batik ini berjudul Jalesveva Jayamahe yang berarti di Laut Kita Jaya.

Sebagai pelengkapnya, terdapat Batik Motif Kapal Bercadik Kembar yang dikolaborasikan dengan Motif Daun Kalpataru. Bagi sebagian warga, kalpataru belum begitu familiar. Melalui batik, warga akan paham dan tahu wujud dari pohon yang banyak ditemukan di pahatan relief candi-candi di Pulau Jawa itu. Keberadaan relief bergambarkan kalpataru di candi-candi, membuktikan bahwa terdapat hubungan emosional yang kuat antara masyarakat Jawa dengan pohon ini, karena banyaknya keistimewaan pohon itulah, pada salah satu sisi gunungan wayang jawa terdapat lukisan pohon besar yang banyak gambar satwa.

Meski telah memiliki dua objek inspirasi, galeri ini menjamin setiap batik yang diproduksi memiliki motif dan desain berbeda. “Beberapa pihak menyebutnya batik ekslusif atau batik premium. Namun, saya lebih sepakat menyebutnya dengan istilah ‘fine art batik’,” tandas Kukuh.

Source Fine Art Batik Magelang Motifnya Diambil dari Relief Borobudur Batik
Comments
Loading...