Filosofi Warna Biru pada Kain Batik

0 601

Filosofi Warna Biru pada Kain Batik

Warna biru yang dipakai dalam sehelai batik identik dengan harmoni, kepercayaan, percaya diri, dingin, juga terkadang kesedihan. Di negara Amerika dan Eropa, opini publik mengatakan, bahwa warna biru merupakan warna paling populer dan dipilih hampir setengah populasi, baik pria ataupun wanita, sebagai warna favorit mereka.

Warna biru telah banyak digunakan sejak berabad lamanya. Hal ini terlihat dari banyaknya peninggalan bersejarah yang menggunakan warna biru juga putih. Seperti guci, keramik, perhiasan, yang bahkan Vincent van Gogh menggunakan warna biru untuk menciptakan mood dan emosi.

“Pada 2500 Sebelum Masehi, warna indigo sudah dipakai untuk mewarnai kain zaman dulu. Tidak hanya itu, keramik, lantai, dinding, keramik hias, kalau dilihat benda kuno semua biru. Jadi itu warna tertua di dunia, dan terbukti paling kuat warnanya dibanding warna lain,” kata Nita Kenzo, pelaku warna alam. Nita juga mengatakan, itu sebabnya warna biru kerap disebut sebagai ‘King of Color, the color of the king.’

Batik warna alam sendiri, biru lebih sering dijumpai dibanding warna alam lainnya. Bukan karena lebih mudah, justru pewarnaan biru lebih sulit untuk dilakukan, karena memerlukan pencelupan berulang untuk mendapat biru yang diinginkan. Pewarnaan biru yang dipakai dalam batik sangat sulit karena butuh 20 kali warna biru baru muncul atau terlihat dikain batik.

Source Filosofi Warna Biru pada Kain Batik Warna Biru
Comments
Loading...