infobatik.id

Filosofi Motif Batik Jambi

0 8

Filosofi Motif Batik Jambi

Filosofi Motif Batik Jambi Biasa berisi tentang nsehat, ajakan dan pantangan. Karateristik sosial, kepercayaan religi dan pemahaman budaya masyarakat yang berlaku secara umum setidaknya dapat menuntun kita dalam memberikan pemaknahan filosofi motif batik Jambi dengan menghubungkan dan membaca wujud visual gambar motif ragam hias batik Jambi yang ada sekarang. Tentu ini berlaku untuk motif – motif batik jambi yang baru, tidaklah sulit apalagi jika pembuatnya masih bisa ditemui dan dimintai keterangan.

Budayawan Jambi H. Junaidi T. Noor: “Motif batik Jambi memiliki karakter dan corak motif ceplok – ceplok artinya setiap motif itu berdiri sendiri – sendiri, memiliki nama sendiri, dalam penerapannya tidak berangkai tetapi dipadukan antara motif satu dengan yang lainnya (motif pokok dengan motif isian)” bila karakter ini dijaga, maka batik Jambi akan dengan mudah dikenali.

Drs. Ja’far Rassuh (Pemerhati seni); Pemaknaan simbolik dan filosofi, memberikan kesimpulan bahwa “Masyarakat Jambi lebih banyak menganut paham kesetaraaan social sehingga dalam tatanan masyarakat hampir tidak nampak adanya aturan strata sosial, masyarakat Jambi menghormati para cerdik pandai, alim ulama dan tuo tengganai, siapa pun dia dan berasal dari kalangan social mana itu tidak dipermasalahkan, maka pemaknahan motif batik Jambi hampir semuanya mengandung makna filosifi keterbukaan.

Via https://disparbud.jambikota.go.id https://disparbud.jambikota.go.id/batik-jambi/
Comments
Loading...